WASPADA !!! Setiap masa peralihan musim seperti sekarang ini yaitu dari musim kemarau ke musim hujan datang berbagai penyakit yang sangat riskan untuk burung-burung kesayangan kita. Salah satunya penyakit tetelo, penyakit ini menyerang sistim syaraf burung kita, umumnya syaraf kepala tetapi bisa juga menyerang syaraf kaki si burung. Penyakit tetelo ini jika belum begitu parah masih bisa di selamatkan tetapi konon kapan-kapan akan muncul kembali.

Penyakit yang lain adalah serak atau radang pada saluran pernafasan burung, penyakit ini jangan di anggap enteng karena yang akut akan mengakibatkan sampai kematian juga. Gejala-gejalanya suara cetreken mengecil sampai hilang sama sekali, jika tidak diambil tindakan secepatnya maka dalam hitungan hari saja si burung akan mati dengan mengeluarkan darah dari mulutnya.

Tindakan-tindakan preventivnya diantaranya :

1. Di karenakan  faktor cuaca yang tidak mendukung maka janganlah merasa risih jika burung tidak di jemur beberapa hari, lebih baik tidak di jemur dari pada faktor spekulasinya tinggi.

2. Perhatikan besar kecilnya angin ketika akan menjemur atau mengangin-anginkan burung, jika tidak memungkinkan maka lebih baik burung diangin-anginkan di dalam rumah saja yaitu di gantang di dalam rumah kita saja dengan kerodong dibuka full sampai tengah hari.

3. Jangan terkecoh dengan sinar matahari yang datang tiba-tiba setelah di pagi hari awan mendung tebal. Melihat munculnya matahari biasanya perawat burung kita langsung sumringah senang dan langsung ingin menjemur burungnya. Hati-hati terik matahari yang sangat menyengat dan tiupan angin yang besar yang datang bersamaan dengan munculnya sinar matahari bisa mengakibatkan kondisi burung langsung ngedrop sampai menjadi serak.

4. Jangan memaksakan kehendak hati kita agar supaya burung harus mandi setiap hari, sampai di upayakan dengan menyemprot si burung sebagai pancingan agar supaya burung mau mandi di keramba. Setiap insan mahluk hidup, dalam hal ini burung, memiliki naluri kapan dia perlu mandi atau tidak. Jadi jangan di samakan dengan kita yang setiap harinya harus mandi.

5. Sangkar dibersihkan setiap hari, air minum diganti sehari 2x pagi dan sore, voer diganti 3 hari sekali dan kerodong diganti minimal seminggu sekali.

6. Pemberian mutivitamin untuk burung dilakukan secara rutine agar supaya daya tahan tubuh burung meningkat.

Jika sudah dilaksanakan dengan baik tetapi masih saja burung kita terserang penyakit, bahkan sampai tewasnya…yah harus diterima dengan lapang dada saja. Itulah risiko paling berat jika kita bermain dengan barang bernyawa. Semoga sharing singkat ini bisa saling mengingatkan kita semua.

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>