Karena jiwa penangkaran sudah terlanjur mendarah daging, iseng-iseng SKL BF mau mencoba menangkarkan burung Cililin. Namanya perjalanan hidup, siapa tahu karena harga MB yang sudah mahal dan tidak terjangkau lagi akhirnya di aktivkan lagi jenis burung kicauan lainnya sebagai alternativ burung lomba, mimpi.com. He…he.

Diakui, melihat sepasang Cililin jauh lebih menarik dan sangat lucu, menggemaskan dari pada hanya melihatnya sendirian satu ekor. Jelas lah, karena mereka berpasangan otomatis keduanya bisa saling ber interaksi. Yang membikin menggemaskan adalah bahasa tubuhnya.

Banyak orang bertanya bagaimana caranya membedakan jenis kelamin burung Cililin? Sangat-sangat susah, sampai pemikat khusus Cililinnyapun angkat tangan. Ada orang yang memprediksinya dari panjang dan tebal kuncungnya, ada lagi yang dari bintik putih di sekitar matanya, ada lagi yang meilhat dari besar kecilnya body si burung. Macam-macam lah, tetapi tidak ada ciri atau tanda pada tubuhnya yang bisa di pakai untuk membedakan jenis kelaminnya.

Cara yang paling akurat untuk membedakan jenis kelaminnya adalah dengan sengaja menangkapnya sekeluarga burung tersebut sewaktu musim anak, yaitu bapak, ibu dan anaknya. Menurut pemikatnya hanya cara yang satu ini yang paling akurat. Meskipun kita sudah menangkap yang tampaknya berpasangan, itu belum tentu jenis kelaminnya berlainan. Jadi memang pasangan yang harus lagi punya anakan, itu baru 100% suami istri. Agak ribet juga yah? Otomatis kita harus punya chanel langsung kepada pemikat Cililin yang jujur, tetapi begitulah kenyataanya.

Mohon doanya saja agar pasangan Cililin ini kelak bisa membuahkan hasil. Amin…Anakan dari pasangan ini yang kami dapatkan dari hutan sudah kami pakai sebagai burung masteran, Alhamdulillah sudah guacor.

C DSC00406 SKL BF

C DSC00412 SKL BF

C DSC00413 SKL BF

C DSC00417 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

9 Comments

  1. Insya allah…pak haji dengan tekad dan doa & smoga berhasil…..AMIN…!!

    Ada cerita sedikit nih pak haji,
    Mmg betul wktu sy plg kampung k tmtp istri di bangka belitung habitat burung cililing di sana jg dah berkurang kt pemikat burung tsb…? Terus terang dgn niat pak haji ingin menangkar burung cililin sy senang….maju teruuuus…SKL

  2. Inden pak haji….

  3. Siip… semoga sukses pak Haji…

  4. semoga berhasil….dan bisa berbagi ilmu tentang penangkaran cililin (master wajib MB)

  5. Gmana perkembangan cililinnya pak haji..apa sukses

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>