Minggu kemarin SKL BF kedatangan tamu dari CEPU, yaitu tidak lain adalah Om SUGIYARNO Owner GIK – BF. Sebelumnya kami berbincang-bincang hanya melalui handphone saja, eh tiba-tiba Om Sugiyarno menyatakan ingin berkunjung ke penangkaran kami. Keesokan harinya Om Sugiyarno tiba sekitar jam 06.30-an bersama anaknnya, Mas Yohan. Saat itu saya sendiri masih di Cirebon, sehingga saya persilahkan mereka untuk beristirahat dulu di kamar tamu di area penangkaran kami.

Sekitar jam 09.30an kami bertatap muka, bercengkerama seputar burung Murai Batu. Ternyata Om Sugiyarno ini sudah semenjak lama menangkarkan Murai Batu, dan hobi lombanya konon sejak era ’80-an. Wah di tahun segituan saya masih kuliah. He…he.

Saya salut melihat seorang bapak dan hanya bersama anaknya hunting Murai Batu sampai ke blok barat. Setelah berkunjung ke SKL perjalananya akan di lanjutkan ke Jakarta, mengunjungi Om Iswahyu Digdaya BF. Dan katanya mau take over MB juga, wah…wah…benar-benar hebat semangatnya. Ini juga bisa dibuat sebagai contoh bagi kami atau penangkar-penangkar lain, yaitu jika kita mengerjakan segala sesuatunya dengan penuh semangat dan selalu dibikin enjoy, InsyaAllah cepat atau lambat akan menuai sukses. Amin…

Intinya kami sepakat, jika kita terjun dalam dunia penangkaran MB maka kunci kesuksesannya adalah kesabaran. Banyak penangkar baru yang menjodohkan sepasang MBnya baru selang 4 bulanan sudah mengeluh kok tidak mau nelor-nelor. Lha kami juga ada beberapa kandang  milik kami yang sudah satu tahun berjodoh tapi belum bertelur juga, tapi saya cuekin saja, emangnya gue pikirain (EGP). Sengaja tidak saya ganti pasangannya, biar tahu rasa tuh burung. Emangnya siapa yang butuh kawin, setuju tidak? Tapi akhirnya mereka kawin dan berproduksi juga. Nah disini memang kesabaran kita sedang di uji, jadi ibarat seperti orang mancing saja. Dapat atau tidak dapat ikan hati tetap enjoy.

Dalam kunjungannya ke tempat kami Om Sugiyarno memboyong seekor MB jantan nama BOGOTA  yang merupakan salah satu MB Penguasa Wilayah dari wilayah Gunung Seulawah, NAD. Dasar orang senior di dunia perburungan, matanya itu masih sempat-sempatnya melihat BOGOTA yang sedang kami jodohkan ulang karena ditinggal mati istri pertamanya. Saya tidak menawarkan MB jantan BOGOTA ini kepada Om Sugiyarno karena ini MB sudah pernah produksi, tetapi mata Om Sugiyarno langsung tertancap pada Bogota. Kalau sayang bilang tidak dijual yah tidak etis karena Om Sugiyarno sudah datang dari jauh-jauh dan prinsip kami adalah tidak boleh menyimpan seekor MB, seberapapun bagusnya MB tersebut. Singkat cerita, terjadi kesepakatan harga diantara kami berdua.

Selain itu Om Sugiyarno juga memboyong 2 ekor MB betina hasil tangkapan hutan dari wilayah Gunung Eungkong, Meulaboh. Memang saya akui Om Sugiyarno ini dari “sononya” sudah badan burung, jadi asal kita comot saja…ternyata 2 ekor MB betina tersebut bagus semua, malah yang satunya berkaki hitam.

Mudah-mudahan burung-burung ini nantinya bisa cepat berproduksi di GIK BF Cepu. Amin…

TO DSC02186 SKL BF

TO DSC02188 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>