Om MARYADI tidak lain adalah Owner MARYADI BF di Cepu, Jawa Tengah. Om Maryadi adalah teman dari Om Sugiyarno GIK BF Cepu juga. Kami merasa sangat senang dan terkejut, karena semakin hari semakin banyak saja Muraimania yang menangkarkan burung Murai Batu. Ini berarti akan membantu mengurangi perburuan Murai Batu di habitatnya atau setidaknya Muraimania sudah sadar betul bahwa burung hasil tangkaran tidak akan kalah performanya di lapangan dengan burung hasil tangkapan hutan. Apalagi sekarang beberapa EO Lomba Burung Berkicau sudah mulai melombakan Kelas Khusus Murai Batu Ring. Selain itu sudah banyak terbukti MB Ring mampuh mengalahkan MB-MB hasil tangkapan hutan dan yang sudah mapan usianya sekalipun juga.

Keuntungan dari MB hasil tangkaran adalah, dari usia dini sudah dimaster oleh pemiliknya masing-masing, sehingga kelak di lapangan MB-MB hasil tangkaran pada umumnya sering sekali memuntahkan isian-isiannya, karena memang itulah Ibu Bahasanya, yaitu burung-burung masteran tadi itu. Lain halnya dengan MB hasil tangkapan hutan yang dari sononya sudah memiliki Ibu Bahasa masing-masing, yaitu suara burung atau hewan-hewan lainnya yang sempat terekam semenjak mereka kecil.

Sebagai perbandingan saja, misal orang Sunda mau belajar bahasa Inggris tapi dia belajar bahasa Inggrisnya mulai dari usia remaja. Meskipun kelak sudah faseh sekali tetap saja dialek/logat Sundanya masih kental. Lain halnya jika seorang anak Indonesia dari usia dini atau bahkan dari bayi diadopsi oleh warga negara Amerika, kemudian dibawa ke USA, dijamin dialek/logat bahasa Inggrisnya yah sama seperti warga USAnya saja. Malah sama sekali tidak bisa berbahsa Indonesia. Begitulah kira-kira.

Dari sini kita bisa menyimpulkan banyak sekali keuntungannya memiliki MB hasil tangkaran, dari segi mental kita bisa memilih dari bapak dan ibunya. Kelemahannya hanya satu yaitu jika kita salah merawatnya, maka MB hasil tangkaran kemungkinan menjadi manjanya akan lebih besar jika dibandingkan dengan MB hasil tangkapan hutan.

Untuk itu mari kita bersemangat menangkarkan burung Murai Batu ini, agar MB-MB di habitatnya bisa dilestarikan dengan bantuan campur tangan manusia. Kapan lagi??? Yah sesegera mungkin! Untuk Om Maryadi kami ucapkan semoga sukses selalu, jangan gampang putus asa. Kalau orang lain berhasil menangkarkan burung Murai Batu, mengapa/masak iya kita tidak bisa. Kuncinya hanya satu yaitu SABAR. Amin…

 

B DSC02588 SKL BF

B DSC02589 SKL BF

B DSC02592 SKL BF

B DSC02594 SKL BF

B DSC02595 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

4 Comments

  1. amin…… muantap burung pesanan malam hari itu juga bisa saya terima langsung dari stasiun KA Cepu dalam keadaan baik. Terimakasih P Haji Syamsul.

    • @Maryadi, sama-sama Om Maryadi. Semoga sukses selalu. Amin…

  2. alamat mana pak maryadi dan sugiyarno dicepu?

    • @Nurnalendra, silahkan hubungi saya langsung ke 081220072191.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>