Beberapa waktu yang lalu beberapa siswa MB yang di sekolahkan di tempat kami mengalami kematian, mulai dari ada yang terserang radang saluran pernafasan, tetelo sampai tiba-tiba mati mendadak. Mungkin kami masih harus menghadapi cobaan-cobaan ini, dan ini sepertinya tidak akan berhenti sampai disini saja. Terus terang kami selalu was-was menghadapi musim panca roba setiap tahunnya, meskipun kami sudah sangat hati-hati merawat semua MB yang ada di tempat kami.

Kita selalu memperhatikan sirkulasi udara di setiap ruangannya, kebersihan sangkar, kerodong sampai kualitas makanan dan minumannya. Jadi apabila masih tetap saja ada yang mati, berarti memang itu adalah kenyataan yang harus kami hadapi, enak atau tidak enak diterima oleh hati ini. Inilah risiko bermain dengan barang bernyawa. Kami selalu berpikir positiv saja, masih beruntung kita, pemiliknya, masih sehat-sehat waalfiat saja.

Sebetulnya burung ini adalah spesial order untuk Om Bambang yang selalu menginginkan MB Penguasa Wilayah untuk melengkapi kandang-kandang ternaknya. Burung ini berasal dari wilayah Indrapuri, Aceh Besar. Penampilan physik burung ini sangat memukau, badannya dan lehernya panjang, sampai ekornya juga lumayan panjang 21 cm. Kami mendapatkannya sekalian sepaket dengan pasangannya yang dari hutan, sehingga burung ini tidak memerlukan waktu yang lama untuk proses penjodohannya kembali.

Sesuai komitmen kami, maka kami harus menggantikannya dengan MB yang lain yang kurang lebih sama dari segi kualitasnya. Emang enak??? He…he.

 

N DSC02396 SKL BF

N DSC02398 SKL BF

N DSC02399 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

8 Comments

  1. Turut prihatin y pak haji….
    Yg sabar dlm menghadapi smua ujian ini pak haji…..?
    Smoga dgn kerendahan / kemurahan hati pak haji,kedepanya akan mendapatkan rejeki yg lebih dr smua musibah ini…
    AMIEN…..

  2. Turut berduka cita pakaji.apalagi ini MB penguasa daerah…

  3. assalamu’alaikum…….maaf pak haji mau numpang tanya nih…..kl untuk indukan betina tuh usia kurang dr 1 th ( lepas trotol) bs gak???mksh ats infrmasinya…..wassalamu’alaikum wr. wb.

    • @Hasan, bisa saja, wong dia kan betina. He…he. Tapi mesti sabar lagi unt bisa berproduksi, sampai dia cukup umurnya.

  4. terima kasih pak haji atas infonya…..ceritanya saya baru mau mulai belajar ternak murai nih….materinya pejantan usia 4x mabung(dulu MH) dan betina baru selesai mabung tp skrg msh dorong ekor(hasil ternakan)….kira2 pjantannya msh bs membuahi tidak ya…..mohon bimbingannya pak haji…..

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>