Untuk menambah koleksi indukan di penangkarannya Om BAMBANG Jakarta telah mentake over sepasang MB dari kandang BANYU BIRU. Materi kandang Banyu Biru adalah pejantan dari wilayah JANTHO, NAD, sedangkan betinanya adalah anak dari kandang JAMBRONG.

Nama Banyu Biru kami ambil dari penampilan physik pejantannya yang mantap, suara menggelagar, mental fighternya tidak usah diragukan lagi. Sifat lainnya yang menonjol adalah sangat mengayomi istrinya, hal ini bisa dilihat jika kita mendekat kandangnya maka pejantannya akan teriak-teriak memanggil-manggil istrinya, seolah-olah memberikan sinyal peringatan kepada istrinya bahwa ada predator datang. Jadi Banyu biru ini sangat bisa untuk di poligamikan.

Asal muasal Banyu Biru dari wilayah Jantho, NAD. Dia merupakan salah satu MB Penguasa Wilayah di Jantho sana. Selama perjalanan pulang, dari hutan sampai ke kampung tukang pikatnya, burung ini selalu bunyi. Bukan hanya ngeriwik tetapi ngeplong-ngeplong juga, bahkan ketika diambil dari kemasan karung goninya kondisi ekornya tetap bersih, sama sekali tidak terkena kotorannya sendiri. Itu pertanda selama di karung goni ekornya selalu diangkat naik, jadi setidaknya burung tersebut tidak menjadi layu setelah ditangkap atau stres. Burung masih tetap dalam keadaan siaga penuh, meskipun baru tertangkap tangan. Dan ternyata benar saja, ketika datang di tempat saya burung tersebut tidak terlalu menunggu lama sampai dia berani mengeluarkan suara ngeplongnya. Burung ini mengingatkan saya pada BATAVIA milik Om Kris CISAUK BF dan JATAYU milik Om Willy Belitung.

Sebetulnya berat hati ini melepas Banyu Biru, tetapi sesuai komitmen kami yang tidak akan menahan burung sebagus apapun burung tersebut. Dan saya melihat hasrat yang sangat besar pada hati Om Bambang untuk menangkarkan burung murai batu ini, akhirnya kami melepaskannya juga.

Mudah-mudahan Om Bambang selalu sukses selama menggeluti penangkaran Murai Batu ini. Amin…

 

J DSC02603 SKL BF

J DSC02604 SKL BF

J DSC02605 SKL BF

J DSC02606 SKL BF

J DSC02608 SKL BF

J DSC02609 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>