Kondisi cuaca yang seharusnya sudah memasuki musim kemarau, tetapi tiba-tiba masih datang hujan yang deras seperti ketika musim penghujan saja. Hal ini membuat burung-burung di tempat kami kelimpungan kembali. Metabolisme mereka terganggu lagi, akibatnya burung yang pada dasarnya saat itu kurang fit menjadi sangat rentan terhadap serangan beberapa penyakit, diantaranya yang sangat akut adalah penyakit radang pada saluran pernafasan, dan bulu mengembang.

Lagi-lagi kami harus bertanggung jawab menggantikan burung ini dengan kualitas yang sama, itu otomatis. Hhmmm…jika kita tidak bisa memanage hati/perasaan kita, dijamin mental kita pasti akan ngedrop. Berhubung kami sudah sering mengalami hal ini, Alhamdulillah rasa kecewa atau sakit hati kita hanya berlangsung 2-3 hari saja atau paling lama satu minggu. He…he.

Anggap saja musibah ini juga suatu rejeki dariNYA, karena tanpa kegagalan mustahil kita bisa semakin maju. Amin…Suka dan Duka adalah ciptaanNYA, jadi jangan kita hanya bersyukur ketika kita mendapatkan rizki saja, tetapi kita juga harus bisa menerima dengan lapang dada ketika kita mendapatkan musibah. Harus selalu diingat, Allah tidak akan memberikan cobaan yang diluar batas kemampuhan kita masing-masing. Selama kita beriman dan taqwa kepadaNYA, InsyaAllah…semua kejadian yang menurut kita tidak mengenakan di hati pasti ada hikmahnya, dan minimalnya kedepan kita akan tertempa menjadi manusia yang lebih tangguh saja. Apa yang menurut kita bagus belum tentu menurutNYA bagus untuk kita, maka dari itu faktor kesabaran sangat penting dalam filosofi kehidupan kita ini. Mohon maaf sebelumnya, saya bukan Dai. He…he. Saya hanyalah manusia yang ingin berbagi pengalaman saja, terutama dalam merawat burung berkicau, khususnya burung Murai Batu.

N DSC02795 SKL BF

N DSC02802 SKL BF

N DSC02798 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

2 Comments

  1. Sangat disayangkan,burung calon jd sesuatu nih.
    Turut berduka cita pakaji.kesabarany sedang diuji lagi.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>