Semakin banyak saja Kicaumania yang sangat antusias untuk menangkarkan burung Murai Batu ini. Hal ini disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah karena populasi Murai Batu di habitatnya sudah sangat memprihatinkan. Jika adapun kita masih bingung, apakah MB -MB itu berasal dari wilayah kedaulatan Negara RI atau bukan. Sekarang sudah banyak MB yang berasal dari Vietnam, Thailand masuk ke Indonesia melalui Malaysia. Dalam hal ini kami tidak bilang bahwa MB yang berasal dari luar negeri itu lebih jelek dari pada MB yang berasal dari Indonesia. Ini hanya masalah selera saja.

Jika kita benar-benar mau melestarikan MB -MB yang berasal dari negara kita, khususnya dari wilayah Provinsi Sumatra Utara, maupun NAD, maka konsekuensinya adalah harus hunting sekuat tenaga karena sekarang lumayan sulit untuk mendapatkannya. Kalaupun ada, harganya pasti akan jauh lebih mahal dari kebanyakan MB yang ada di pasaran.

Silahkan tanyakan kepada Muraimania yang berdomisili di Bohorok atau Marike, Kabupaten Langkat-Provinsi Sumatra Utara, atau seluruh wilayah NAD. Muraimania disana pun kesulitan untuk mendapatkan MB dari daerahnya sendiri (sangat ironis bukan?), jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan 2 atau 3 tahun yang silam.

Karena faktor inilah harga MB dari tahun ke tahun semakin melejit saja. Faktor lainnya, adalah dikarenakan kelas Murai Batu pada setiap event lomba selalu menjadi primadona, selalu menduduki ranking paling atas dengan iming-iming hadiah yang berjibun jumlahnya. Dan harus diakui action Murai Batu sangat memukau ketika sedang tampil di lapangan, penonton pun sangat bersemangat mensupport masing-masing burungnya. Beruntung sekarang pada lomba-lomba besar sudah dibuat aturan Non Teriak.

Karena faktor-faktor inilah semakin banyak Kicaumania yang beralih profesi menangkarkan burung Murai Batu.

Om Benny sendiri sebetulnya sudah sukses menangkarkan burung jenis Sanger dan Blacktroat, tetapi dia melihat peluang bisnis menangkarkan Murai Batu masih sangat luas. Om Benny melihat kenyataan bahwa kebutuhan pasar MB hasil tangkaran masih jauh terpenuhi dari kuota permintaannya. Ini jelas peluang bisnis yang sangat mumpuni. Untuk itu kami pilihkan MB betina trah LENNOG yang kemayu ini.

Mudah-mudahan Om Benny bisa sukses menangkarkan MB seperti dia sukses menangkarkan Sanger dan Blacktroat. Amin…

 

B DSC02889 SKL BF

B DSC02890 SKL BF

B DSC02888 SKL BF

B DSC02885 SKL BF

B DSC02884 SKL BF

B DSC02883 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>