Banyak yang bertanya, sekarang materi indukan MB di SKL BF apa-apa saja. Mereka bertanya bukan tanpa alasan, melainkan mereka melihat dari wbsite kami, bahwa sudah banyak sekali kandang-kandang indukan MB SKL BF dibedol orang. Seperti pepatah Hilang Satu Tumbuh Seribu, itulahyang kami terapkan sekarang ini.

Kami tidak hanya tinggal diam saja, melainkan kami inovasi indukan-indukan kami dengan materi-materi yang menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Mungkin ada yang bertanya, maksudnya apa?

Seperti yang kita ketahui, irama lagu seekor MB adalah yang diutamakan dalam penjurian. Orang awam memilih seekor MB hanya berdasarkan volumenya saja, padahal volume seekor MB itu tidak mutlak bisa memenangkan suatu Lomba Burung Berkicau. Sebagai contoh, ada dua ekor MB yang sedang bertarung memperebutkan penilaian terakhir/penilaian favorit untuk keluar sebagai pemenang pertama. MB “A” memiliki volume misal 9.5, sedangkan MB “B” volumenya hanya 8,5 saja, tetapi alunan iramanya sangat indah, suara isiannya di mutahkannya dengan baik, silih berganti. Jelas MB “B” yang akan menang.

Selesai lomba kelas ini si pemilik MB “A” protes, mengapa MB saya tidak menjadi Juara, padahal banyak yang menyaksikan volumenya tembus dari ujung ke ujung? Sering terjadi hal yang seperti ini. Kadang kita sebagai penonton yang di luar lapangan hanya mendengar awal dan akhir lagu si MB itu, tetapi jelas kita tidak bisa menikmati semua lagu yang dimuntahkannya karena suara penonton atau terpengaruh suara dari burung-burung yang lainnya yang bisa mengganggu pendengaran kita. Lain halnya dengan para Juri yang berada langsung di bawah sangkarnya, perbedaanya sangat jauh sekali jika kita mendengarkan langsung di dalam atau di luar lapangan.

Dan memang mencetak MB dengan irama lagu yang bervariant sangatlah tidak mudah, diperlukan mental MB yang Top Markotop agar si MB pada akhirnya bisa membawakan lagu-lagunya dengan baik. Jadi sama saja dengan penyanyi/biduanita, ada seseorang jika bernyanyi di kamar mandi sangat enak didengar, tetapi ketika sudah berada di atas panggung suaranya/lagunya berantakan semua. Yah jelaslah, karena bernyanyi di kamar mandi dengan langsung di atas panggung sangat berbeda sekali. Menyanyi di atas panggung diperlukan mental yang fit juga, jadi bukan hanya modal suara saja kan?

Kandang FATAMORGANA ini perpaduan antara jantan anakan dari kandang KAPTEN dan betinanya dari trah CONTADOR. Dari trah Kapten kami ambil irama lagunya, sedangkan dari trah Contador diambil volumenya. Alhamdulillah…sampai hari ini kandang ini sudah berproduksi 3x. Contador type suaranya tajam seperti silet, Kapten bawa lagunya panjang-panjang.

Mudah-mudahan anakannya bisa menghasilkan generasi baru yang sesuai dengan harapan kami. Amin…

PK DSC03132 SKL BF

PK DSC03131 SKL BF

PK DSC03135 SKL BF

PK DSC03136 SKL BF

PK DSC03138 SKL BF

PK DSC03139 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

10 Comments

  1. Rasanya hanya bisa bermimpi untuk punya murai batu produk skl bird farm. Jangankan beli yang kopassus apalai yang PTT. Yang paling murah saja rasanya jauh sekali. Hehehe…… ya mudah2an suatu saat ada donatur yang menyumbangkannya untuk para kicau mania tak berduit seperti saya.

  2. Wahh akhirny postingan indukan baruny terbit jg.ini yg ditunggu-tunggu.
    Indukan nirwana kpan giliran diposting pakaji,hehe..

    • @Budiyanto, nanti pada saatnya akan saya posting Mas Budi.

  3. Mantap pak Boss,josssssssss

    • @Willy Belitung, makasih Boss…

      • Kykny bru x ni om willy belitung ksih comment,jngan2 mau diTO lg indukan2 SKL yg top markotop pakaji,hihihi…

  4. Ass.pak haji…
    Klu baca ulasan pak haji di atas,bagus x y kandang FATAMORGANA….
    bisa ngk y dpt anakanya suatu saat…???

  5. Perpaduan y serasi pak haji….
    Semoga keturunannya ngk jauh beda ama indukanya……AMIEN

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>