Untuk wilayah blok Timur siapa yang tidak kenal ANDIE CHRIESNA, Muraimania yang sudah sering mngorbitkan MB-MB hasil tangkaran dari Nol, dipelihara dari trotolan hingga remaja. Setelah itu dipoles sampai bisa moncer di beberapa event Lomba sekelas Latberan, Latpres sampai Lomba Burung Berkicau skala besar.

Kelemahannya Om Andie hanya satu yaitu, terlalu buru-buru menurunkan MBnya yang relativ masih sangat muda usianya. Salah satu MBnya adalah DAMOCLES SKL 99 (DMC 99) yang dalam kurun waktu 85 hari sudah meraih prestasi 5x. Berarti kalau kita hitung rata-rata setiap 17 hari burung tersebut dilombakan. Mulai dari Lomba Burung di Pasar Depok Solo, sampai Bupati Cup Madiun DMC 99 selalu menggondol prestasi gemilang, padahal burung tersebut saat itu baru berusia diatas 1,5 tahun atau baru mabung dewasa pertama saja, atau jika dihitung dari masa mabung trotolannya juga berarti baru 2x mabung. Om Andie ini benar-benar pelomba yang nekad.

Setelah sukses memoles DMC 99, Om Andie minta amunisi baru. Saat itu kami berikan salah satu anakan trah PECALANG. Merawat burung ini Om Andie sempat stress juga karena burung tidak mau duduk, alias giras saja.

“Gimana nih Pak, Pecalang kok kayaknya susah dijinakan yah, saya khawatir nabrak-nabrak jeruji jika saya turunkan,” tanya Om Andie pada suatu malam. Akhirnya kami kasih tips cara mendudukan burung. Eh…selang sebulan lebih saja tiba-tiba saya dikirimin foto Piagam Juara ke.1-nya PECALANG, waktu itu hari Sabtu. Saya dibuat terkaget-kaget lagi pada hari Kamis depannya, jadi cuman selang 5 hari PECALANG meraih juara pertama lagi pada suatu Event Lomba Burung Berkicau di Madiunnya saja.

“Wuihhh, tembakan Cililinnya diulang-ulang berkali-kali, dan PECALANG bisa langsung menirukan suara burung lainnya di lapangan Pak,” ceritanya kepada saya via handphone. Intinya sangat memuaskan. Jadi begitu burung di gantang langsung action dan Alhamdulillah kerjanya nagen pada satu titik.

Setelah PECALANG Mas Andie minta seekor anakan MB lagi, saya kasih salah satu anakan DOUGLAS. Om Andie seperti kebanyakan orang tidak pakai melihat dulu burungnya sebelum mentake overnya. Dia sudah sangat percaya kepada produk dan pilihan kami. Saya bilang anakan Douglas ini kelasnya berada diatas anakan Pecalang.

Setelah selesai moulting, mabung dari bulu trotol ke bulu coklat pertamanya Om Andie menelpon saya.

“Wuih suaranya anakan Douglas ini sangat tajam dan mentalnya juga sangat ok Pak! Benar, kualitasnya masih diatasnya Pecalang seperti prediksi dari awal,” ujar Om Andie.

“Alhamdulillah…,” jawab saya singkat. Sekarang Om Andie lebih berhati-hati merawat MBnya, banyak perubahan pada dirinya, tidak seperti yang sudah-sudah. Dia belum pernah melombakan anakan Douglas ini, rencananya nanti setelah mabung berikutnya baru akan dicobanya. Tetapi, menurut saya tetap saja masih sangat muda.

Pada tahun 2014 ini Om Andie kembali mentake over salah satu anakan kandang PRETORIAN SKL 862 (Ungu/Biru) yang lahir pada tanggal 02 April 2014. Kami tidak mau berkomentar tentang burung ini. Silahkan menilainya sendiri saja. Kami hanya bisa memberikan bocoran saja tentang Pretorian SKL 862 ini, yaitu burung ini actionnya bakal nagen pada satu titik, mainnya tenang tidak grasah grusuh, jadi lebih hemat BBM alias tenaga. He…he. Untuk meringankan beban rawatan burung di rumahnya sendiri, Om Andie Madiun memasrahkan sepenuhnya burung ini di Sekolahan Burung SKL BF.

Semoga PRETORIAN SKL 862 ini bisa mengikuti jejak pendahulunya, atau bahkan bisa melapauinya.

 

Ta DSC03405 SKL BF Ta DSC03404 SKL BF

Ta DSC03400 SKL BF Ta DSC03397 SKL BF

Ta DSC03395 SKL BF Ta DSC03394 SKL BF

Ta DSC03403 SKL BF Ta DSC03398 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

13 Comments

  1. skill om andie emang patut diajungi jempot.salah satu pengorbit MB jawara SKL BF.
    DMC 99 gmn kbarny tuh pakaji?

  2. Ass.bagus benar y body anakan pretorian ini,panjang & matanya jg di atas rata2 y pak haji…
    Mmg smua konsumen skl bf slalu di berikan yg terbaik sm pak haji…
    Smoga skl bf terus mencetak mb handal….Amien

  3. Wahh. Memang naluri pelomba sejati. Hehehe. Mudah2an nanti setelah puas melombakan bisa ditangkarkan agar muncul murai2 hebat hasil penangkaran. Wah kalo anakan Pretorian ini dari tampangnya saja suangar mintaa ampun. Mudah2an seperti pendahulunya. Astungkara. Semoga sukses mas Andie dan Pak Haji Samsyul

  4. Muantapppppp pak Boss

  5. surprise….. om boss willy komen he..he, salam kenal om

  6. Salam Kenal pak Gunawan,tq

  7. salam kenal om,saya telpun ke nomor indosat kok tidak ada jawaban ya om ? saya ingin meminang trotolan MB om,insya Allah buat lomba kelak kalau sudah mapan. bisa minta tolong konfirmasi stock dan harga nya ? terima kasih

    • @Bima Laksana Wibowo, silahkan hubungi no Simpati saya 081220072191. Makasih…

  8. Kelampung Bisa Di Kirim?

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>