Pagi-pagi sekali, jam 06.14, tiba-tiba handphone saya berbunyi pertanda ada sms masuk, kebetulan saya sudah terbangun (biasanya masih KO alias masih molor. He…he) jadi saya baca smsnya itu. Isinya si pengirim sms berminat meminang seekor anakan MB produk SKL BF, seperti biasanya saya jawab apa adanya dan saya bertanya dengan siapa saya bersmsan.

“Saya, Bapak Lucas dari Jember,” lawan sms saya menjawab. Pertama kami tawarkan beberapa pilihan yang kelas menengah, akhirnya Om Lucas bertutur bahwa selama ini dia hanya turun pada event-event lomba burung di sekitar daerahnya saja, karena kesibukannya mengurus bisnisnya sehingga tidak bisa bepergian jauh.

“Selain itu saya belum mempunyai amunisi, burung MB yang memadai, untuk bisa berkiprah pada lomba-lomba skala nasional seperti di Blok Barat dan sekitarnya, khususnya di Jakarta,” cerita Om Lucas masih via sms.

Saya sampai tersentuh mendengarkan curhatannya Om Lucas, apalagi di Jember dan sekitarnya belum ada produk kami yang bercokol disana, akhirnya saya tawarkan MB Special Engine SKL BF yaitu anakan kandang AL PACINO dengan nomer ring SKL 367 (Orange/Biru) yang lahir pada tanggal 14 April 2014.

Om Lucas langsung tertarik dan menyatakan deal untuk burung ini. Terus terang anakan AL PACINO SKL 367 ini adalah salah satu produk terbaik MB Trotolan SKL BF edisi 2014, otomatis termasuk jajaran MB Kopassus SKL BF. Burung ini memiliki kelebihan pada auranya yang dipancarkan melalui sorot matanya yang terkesan sangat tajam, dan memang pada kenyataannya memiliki mata yang besar dan bulat. Badanya terkesan sangat athletis, memanjang. Intinya burung ini sangat enak dilihat secara keseluruhan.

Seperti terlihat pada fotonya yang pertama, sorot matanya seolah-olah akan menerkam segalanya yang ada di hadapannya. Disitu juga tampak sangat jelas proportional seluruh anggota tubuhnya, dan bukaan paruhnya juga sangat ok. Jadi memoles burung seperti ini tinggal selangkah lagi saja yaitu bagaimana kita mengelolah burung semacam ini agar perkembangan mentalnya tidak terganggu, selalu dekat dengan burung-burung masteran yang handal, menu makan yang terjamin. Mandi dan jemur tidak perlu intensiv untuk burung seusia dia, yang lebih utama adalah pemasterannya yang intensiv. Untuk itu burung ini di sekolahkan di tempat kami.

Pada tahun 2014 ini memang SKL banyak melakukan inovasi terhadap produk MB Trotolannya, yaitu melalui perombakan indukan-indukan MB kami. Selain itu dari waktu ke waktu tentunya setiap insan manusia akan bertambah pengalaman dan jam terbang dalam menggeluti bidangnya masing-masing. Masak iya hanya produk mesin seperti mobil , motor, atau komputer saja yang bisa melakukan inovasi? Pada burungpun kita bisa melakukan inovasi, contoh yang paling gampang yang sudah sukses melakukannya adalah para Kungmania/Pemain Perkutut yang sudah selalu rajin melakukan cros-crosan diantara indukannya. Jadi setiap tahunnya trend lagu perkutut mereka berubah-ubah, tergantung permintaan pasar. Berkat rajinnya para Kungmania Indonesia melakukan inovasi irama lagu perkutut yang ditangkarkannya, justru sekarang para Kungmania dari Thailand berbalik pada belanja burung perkutut produk Indonesia. Mantap kan? Saya berharap para Muraimania juga bisa melakukan hal yang sama. Amin…

Semoga Om Lucas kedepannya bisa berkiprah lebih jauh di dunia Murai Batu. Amin…

 

Pt DSC03428 SKL BFPt DSC03427 SKL BF

Pt DSC03423 SKL BF Pt DSC03421 SKL BF

Pt DSC03420 SKL BF Pt DSC03424 SKL BF

Pt DSC03426 SKL BF Pt DSC03419 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

14 Comments

  1. untuk kandang kandang AL PACINO nya sudah pernah di Posting apa belum Om..

    • @Zahzuh, belum Om, khawatir ada yang berminat mbedol kandangnya. He…he.
      Bapaknya masih mau saya lombakan lagi. Yang penting sudah dapat anakan betinanya untuk bisa dikembangkan lagi.

  2. wow..luar biasa mantap.
    MB model begini yg bkin hati saya ngk tenang pakaji.kpan bsa puny yg kyk gni.
    mirip anakan champ skl 760 sm SGM skl 793.

  3. AL PACINO murai hutan apa ring Om.. Dan sudah pernah juara apa belum Om… Eh Om ngomong2 Murai di SKL BF kan banyak banget tu.. Untuk seharinya bisa menghabiskan berapa KG kroto n jangkrik Om.. Dan kedua EF tadi apa hasil ternak sendiri… Wah banyak banget pertanya’anya 😀 ma’af ya Om

    • @Zahzuh, Non ring Om, sdh menangan di Acehnya.
      Untuk kebutuhan jangkrik setiap harinya rata-rata 5 paket atau 5 kg, identik dengan 10.000an ekor/hari. Kebutuhan kroto yang ideal sekitar 4-5kg/hari, tetapi kita irit-irit saja menjadi 1,5kg/hari. Jadi asal ada saja, dan kebagian semua, atau giliran dibagikannya. Jika tidak diirit-irit yah tekor semua deh. He…he.
      Beruntung jangkriknya ternak sendiri, jika tidak yah ampun deh.

  4. Salam sejahtera pk Haji, maaf mau tanya nie..klu boleh tau di SKL BF ada ngebreeding tuk mb jenis Marike…terima Kasih sbelumnya..

  5. selamat malam Pak, apa di SKL melayani pengiriman luar kota?

    • @Bambang, InsyaAllah…sampai luar pulaupun kami siap dan sudah sering melayani.

  6. Rasanya memang darah pebisnis dan penghobi burung sudah melekat dalam darah Pak Haji. Sampai sebegitu detail melakukan inovasi terbaru. Sukses terus Pak Haji. Soal trotolannya no coment deh. Muantappp

  7. salam kenal pak haji,saya tri pasuruan jatim pecinta suara murai batu sejati namun kantong pas pasan ,maaf ada murai trotolan klas standar pak haji,ngapunten sebelumnya trims.

    • @Triprabowo, ada, silahkan telpon ke 081220072191. Makasih…

  8. Gimana kabar ring 367 ya pak haji.. 😀 ga sabar melihat kiprahnya.. hehe

    • @Maxi Luke, baik-baik saja Om. Dari penampilan physiknya belum ada perubahan yang signifikan, karena belum ganti bulu.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>