Untuk peluncuran perdana produk SKL BF di Batam sengaja kami pilihkan untuk Om ERWIN seekor anakan MB kandang TAI CHI MASTER SKL 909 (Hitam/Hijau), lahir pada tanggal 02 Mei 2014. Om Erwin typikal orang yang tidak banyak bicara. Dalam perbincangannya dengan saya via handphone Om Erwin mengemukakan niatnya untuk memiliki seekor anakan MB yang kelak jika sudah dewasa bisa diturunkan pada event-event lomba burung skala besar/nasional. Akhirnya kami tawarkan anakan MB dari jajaran MB Kopassus SKL.

“Tolong pilihkan saja yang terbaik, agar kelak saya bisa membawa nama SKL di Batam,” kata Om Erwin.

“Amin…Ok, nanti saya pilihkan saja dari MB Kopassus kami. Saya minta waktu untuk memilihkannya yah Om,” jawab saya. Akhirnya Om Erwin memberi kabar kepada saya bahwa dia sudah menyelesaikan administrasinya. Pilihan kami jatuh pada anakan TCM SKL 909 ini. Saya tahu, jika kelas Murai Batu sangat digandrungi oleh pelomba-pelomba disana. Dimana-mana kelas Murai Batu sudah sangat digandrungi Kicaumania, untuk itu harus secepatnya di antisipasi lonjakan peminat burung jenis Murai Batu, yaitu melalui penangkarannya. Seperti diketahui keberadaan MB di habitatnya saat ini sudah sangat memprihatinkan, terbukti pasokan MB hutan juga dimana-mana sudah sangat sulit di dapat, baik itu di Medan, maupun di Acehnya sendiri. Jika kita tidak dari sekarang mengantisipasinya, waduh harga MB akan terus merangkak naik dari waktu ke waktunya. Yang kami khawatirkan, ke depan burung MB menjadi eksklusiv, sehingga kemungkinan harganya hanya terjangkau oleh kalangan tertentu saja. Untuk itu SKL BF selalu mendukung siapapun juga yang berminat menangkarkan burung Murai Batu. Untuk indukannya tidak harus mengambil dari kami, dan kami selalu siap mensupportnya. Jangan sungkan-sungkan bertanya, malu bertanya sesat di jalan kan? He…he.

Terus terang, melalui pertanyaan dari rekan-rekan sesama Kicaumania kami juga akan menambah ilmu dan wawasan lagi, karena masalah di tempat kami belum tentu sama dengan yang di tempat lain. Dari situ kami bisa belajar lagi dengan melalui share bersama. Amin…

Saat ini kami sedang menginovasi kandang-kandang penangkaran kami dengan materi generasi-generasi hasil penangkaran sendiri yang sudah mulai menginjak dewasa. Alhasil, anakan MB hasil penangkaran tidak kalah dengan yang Non ring. Sudah banyak terbukti pada beberapa Lomba Burung Berkicau yang menjadi juara MB-MB hasil penangkaran, minimalnya sudah bisa masuk 5 besar. Ini merupakan hasil yang fantastis, karena pada umumnya usia MB-MB penangkaran yang sudah diikut sertakan ke lomba itu rata-rata usianya masih muda semua, tetapi toh tetap mereka masih bisa bersaing dengan MB Non ring yang sudah mapan usianya. Jadi jangan berkecil hati dan beranggapan, bahwa MB hasil penangkran mustahil bisa mengalahkan MB hutan. Lihat saja 2-3 tahun mendatang, saya yakin MB-MB hasil penangkaran seiring dengan bertambahnya usia akan lebih banyak lagi menjuarai event-event Lomba Burung Berkicau yang bergengsi.

Mengapa demikian? Sudah jelas, MB-MB hasil penangkaran sudah di master semenjak usia dini, sehingga ibu bahasanya yah suara-suara burung masteran itu tadi. Bisa dibayangkan MB-MB hutan yang sudah lama hidup di hutan, otomatis ibu bahasanya sudah kental sekali melekat pada memorinya. Apalagi jika lingkungannya tidak mendukung, misal di sekitar habitatnya banyak terdapat Siamang, atau jenis binatang lainnya yang suaranya kurang bagus sehingga terekam oleh si MB hutan tersebut. Makanya sering kita jumpai MB hutan yang suara ngebannya kadang kurang enak di dengar oleh telinga kita. Rejeki kita jika bisa mendapatkan MB hutan dengan suara ibu bahasa yang bagus, tetapi faktor spekulasinya sangat tinggi, karena bagaimana kita bisa mengetahui suara MB tersebut bagus atau tidak ibu bahasanya? Kan kalau kita membeli MB hutan yang masih bahan rata-rata masih diam seribu bahasa, alias bisu. He…he.

Ada yang ambil jalan pintas dengan mentake over MB prospek yang sudah jadi, itu langkah yang betul, syaratnya uang di koceknya mencukupinya bukan? Karena, hari gini tidak ada MB prospek yang sudah menang atau minimalnya masuk tiga besar pada latberan harganya masih miring, apalagi di Jakarta. Semua Kicaumania di seluruh penjuru Nusantara sudah tahu dan jeli matanya tentang MB prospek dan juga bandrolnya, kecuali memang burung itu sudah rejekinya/milik badan kita. Jadi semuanya tergantung dari kemampuhan keuangan masing-masing saja. Setelah membeli MB dewasa yang prospek ternyata urusannya juga tidak selesai sampai disini saja kan? Jangan lupa masalah setingannya. Sering terjadi, meskipun pemilik lamanya sudah memberi tahu setingan dan pola rawatan burung tersebut, tetapi kenyataannya di tangan kita belum bisa mencapai performanya seperti dulu. Terpaksa kita harus utak atik setelannya lagi, kadang masalah ini bisa memakan waktu yang tidak sebentar juga. Bisa jadi burung ini tidak bisa jalan maksimal seperti dulu lagi. Langkah terakhir yah dilegonya lagi burung ini. Ini sering terjadi dan hampir setiap Muraimania pasti pernah mengalami hal ini, termasuk saya sendiri. He…he. Jadi yang penting enjoy dan optimis saja.

Mudah-mudahan burung ini kelak bisa membanggakan majikan barunya. Amin…

 

PA DSC03923 SKL BF PA DSC03924 SKL BF

PA DSC03927 SKL BF PA DSC03922 SKL BF

PA DSC03920 SKL BF PA DSC03925 SKL BF

PA DSC03915 SKL BF PA DSC03911 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

6 Comments

  1. Ass.pak haji klu boleh tau,anakan TAI CHI MASTER dr indukan kandang apa y…?
    Bis burung cakep bgt bodynya…he..he..
    Maklum pak penglihatan dr mata pemula yg br suka MB….
    mohon maaf & mksh byk sblm’a pak haji

    • @Sugiarto, Wa’alaikumsalam…dari kandang Tai Chi Masternya sendiri. Namanya masih pakai nama indukannya sendiri, agar gampang mengingatnya.

  2. Hati-hati jurus nnti mabukny dikeluarin.
    Enak bnget dliatny.
    Mantaps…bdan jantung pisang

  3. pak haji di SKL menerima pembayaran via credit card gak?

  4. Pak Haji klu tau sy jg mau tu anakan Tai chi masternya pak.krn tgl lahir dan blnnya sama dgn tgl lahir dan bln lahir sy 2 mei

  5. Calon MB lapangan. Mantap deh

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>