Hari ini kami tampilkan perkembangan anakan BOROBUDUR SKL 888 (Ungu/Biru), karena pemiliknya merasa kangen dengan salah satu Murai Batu kesayangannya, yang saat ini masih di sekolahkan di tempat kami. Masih ada seekor lagi milik Mas SETYO yang di sekolahkan di tempat kami, yaitu anakan DEWA LANGIT SKL 900. Alhamdulillah, keadaan keduanya sehat-sehat selalu.

Semua burung yang menyelesaikan masa pendidikan di tempat kami sengaja kami setting sangat rendah untuk pemberian Extra Foodingnya (EF), jadi jangkrik maksimal hanya di berikan 4/4 ekor saja. Jika ada burung-burung tertentu yang terlalu gacor terpaksa harus kami turunkan lagi sampai menjadi 3/3 ekor saja, agar suara yang dilontarkan si burung tersebut agak terkendali. Jika tidak kita kendalikan birahinya, jelas akan menggangu siswa-siswa burung yang lainnya. Ada burung yang memang dari sananya sudah dikodratkan untuk menjadi gacor, tetapi dengan kita turunkan setingannya otomatis suaranya tidak akan terlalu menekan atau menakutkan.

Jangan dikira gampang merawat burung MB untuk orientasi lomba yang jumlahnya mencapai ratusan ekor, ada saja korbannya yang akhirnya sampai matukin bulunya sendiri. Kadang saya sudah menginstruksikan kepada perawat burung saya agar selalu berhati-hati dalam memberikan EF kepada MB-MB kami, tetapi ada saja yang kelupaan. Maklum mereka juga masih manusia biasa, dan kalau bukan atas dasar unsur hobi merawat burung itu suatu pekerjaan yang menjenuhkan loh. Bayangkan setiap hari harus metikin kaki jangkrik yang jumlahnya tidak sedikit. Taruh kata setiap perawat burung memegang 15 ekor MB, berarti dia setiap harinya (pagi dan sore) harus memilih dan metikin kaki jangkrik sebanyak 150 ekor, dan itu berlangsung bukan hanya 1 sampai 2 hari, atau 1-2 bulan saja, melainkan tidak tahu sampai kapan? He…he.

Jelas bukan pekerjaan yang yang sulit, melainkan pekerjaan yang menjenuhkan bukan? Saya pernah sekedar ikut-ikutan membantu saja, eh selang 3 hari sudah mental. Belum lagi kerjaan membersihkan sangkar-sangkarnya satu per satu setiap hari, apalagi ditambah dengan kegiatan menjemur burungnya satu per satu, membuka dan menutup kerodongnya. Untuk seminggu sampai dua minggu masih menyenangkan, tetapi lama kelamaan stres juga deh. He…he.

Alhamdulillah, perawat-perawat burung kami yang sekarang ini sangat solid, dan selalu saling berkerja sama jika ada yang berhalangan/sedang sakit. Konsumen kami yang menyekolahkan MBnya di tempat kami tahunya beres saja. Jika (amit-amit) sampai ada apa-apa dengan MBnya, tetaplah kami yang bertanggung jawab. Makanya waktu itu ada wacana akan kami tutup per tanggal 31 Desember 2014, tetapi konsumen kami banyak yang protes. Akhirnya penutupan Sekolahan Burung SKL BF kami batalkan. Terus terang tidak ada keuntungan materinya. Jika memang ada keuntungan materinya, tentunya orang lain akan melakukan hal yang serupa bukan?

Bayangkan, merawat burung mulai dari semenjak trotolan sampai mencapai usia segini bukanlah suatu pekerjaan yang sederhana, melainkan penuh dengan gambling, terutama menyangkut nyawa si burung. Untuk itu Mas Setyo dan yang lain-lainnya tenang-tenang saja, wong sudah dijamin segala-galanya.

Mudah-mudahan postingan SKL 888 pada hari ini bisa mengobati rasa rindunya Mas Setyo. Amin…

 

P DSC03299 SKL BF

P DSC03303 SKL BF

P DSC03304 SKL BF

P DSC03308 SKL BF

P DSC03307 SKL BF

P DSC03298 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

7 Comments

  1. Tongkrongannya mantap Pak Haji. Mudah2an skl berjalan lancar dan berkembang lebih pesat. Astungkara

  2. Ass. Pak Haji
    Terimakasih utk info perkembangan MB sy. Tak terasa udh 1 taon ini Borobudur n Dewa Langit sekolah di SKL, pasti tambah pinter ya.

    Hatur nuhun pisan ya Pak Haji.

    Wass.
    Setyo

  3. Wah tambah keren aj nih,bodyny mkin mantap.jujur klo baca artikel MB kopassus SKL BF saya jd senyum2 sendiri n smbil berhayal kpan yah bsa puny MB2 kopassus jebolan dri jatibarang.saya jg pengen mengharumkan nama SKL BF disekitaran daerah saya.
    Pokokny salut n kagum deh sm produk SKL.
    SKL 900 pasti tambah keren jg deh

  4. GUANTENG nih burung pak haji…

  5. Met siang Pak Haji..bagus nih MBnya, boleh tau no HPnya Mas Setyo ngga ya? kali-kali aja mau dilepas..

    Makasih Pak Haji.
    @di

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>