Seperti yang kami ceritakan kemarin (23/09), Om THOMAS Sunter meminang juga MB lainnya sebagai alternativnya Laskar Pelangi SKL 82, inilah si burung alternativ itu. Dia adalah MB PTT SKL juga, salah satu anakan dari kandang ROLEX dengan nomer ring SKL 21 (Hitam/Abu-Abu) yang lahir pada tanggal 20 November 2012. Kondisi ekornya saat ini masih lagi dorong ekor. Sebetulnya kualitas MB ini bertetanggaan dengan Laskar Pelangi 82, ke depannya tinggal mengadu rawatan saja dan tentunya tidak ketinggalan milik badan kita juga.

Saat ini semua Muraimania pasti akan mengerahkan amunisi terbaiknya untuk bisa berkiprah di kelas Murai Batu. Jangan sekali-kali menganggap remeh/sebelah mata burung orang lain, sekalipun kita memiliki MB yang handal. Sekarang ini pendatang baru di kelas MB tidak segan-segan menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk bisa memiliki seekor MB lapangan yang ampuh. Jadi yang memiliki MB bagus untuk saat ini tidak hanya pemain senior saja, melainkan pendatang barupun sudah banyak yang memiliki MB-MB ampuh, bisa dibilang hampir merata.

Faktor rawatan adalah salah satu faktor yang tidak bisa kita abaikan. Percuma saja kita memiliki MB bagus, jika kita tidak bisa merawatnya. Ibarat motor balap saja, percuma saja kita memiliki motor balap, tetapi kita tidak bisa menyetelnya/ngetune upnya. Selain itu faktor jumlah MB di rumah kita juga sangat berpengaruh. Saking semangatnya menekuni dunia MB, akhirnya latah menjadi senang membeli MB. Ini juga salah kaprah, kecuali kita memiliki beberapa joki burung yang bisa kita percaya untuk merawatnya, yang rumahnya tidak saling berdekatan. Saya sendiri pernah mangalami hal tersebut, yaitu latah membeli burung. Untuk itu saya menyarankan kepada Om Thomas, agar untuk sementara tidak usah membeli burung MB lagi kepada saya, karena dia sudah memiliki jumlah burung yang sudah cukup, bahkan lebih dari cukup di rumahnya. Karena, nanti pada akhirnya semua burungnya tidak akan tertangani dengan baik, lain halnya dengan menangkarkan burung MBnya. Merawat MB untuk lomba jelas lebih rumit dari pada menangkarkannya.

Merawat MB lomba seperti merawat anak kecil saja. Dimandikan di keramba pada pagi hari, kemudian ditungguin dan dipantau selama dijemur. Sore hari garus dikeluarkan lagi, diangin-anginkan. Kemudian seminggu sebelum hari H-nya kita sudah mulai menyiapkan setingannya, sebelum ketemu setingannya yang tepat kita harus mencari-carinya dulu agar kinerja burung bisa maksimal. Kadang mencari setingan yang tepat untuk burung tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Akan tetapi, jika memang kitanya sudah suka/hobi, maka semua keribetan ini tidak akan terasa bagi kita. Lain halnya dengan pendatang baru yang hanya ikut-ikutan rekannya saja untuk melombakan burung, saya jamin tidak berapa lama akan merasa jenuh, kalau tidak bisa menjiwainya.

Mudah-mudahan ROLEX SKL 21 ini sesuai dengan selera dan harapan Om Thomas. Amin…

 

PM DSC04140 SKL BF PM DSC04141 SKL BF

PM DSC04152 SKL BF PM DSC04146 SKL BF

PM DSC04147 SKL BF PM DSC04150 SKL BF

PM DSC04149 SKL BFPM DSC04154 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

5 Comments

  1. Ass.alhamdullilah y pak haji burung om thomas bagus2 smua….
    insya allah kedepanya bs berkibar seperti yg diharapkan & membanggakan sang pemilik baru….?
    Sukses om thomas & lam kenal….
    Maju terus buat skl bf,tukmencetak MB yg handal…..?
    Mksh byk & mohon maaf sblm’a.

  2. Sodarany skl 34 nih.
    Mantap mantap mantapss…

  3. Ya kan tinggal dititip di SKL BF saja Pak Haji. Hehehe. Jadi terjamin deh semuanya. Hehehhe. Gayanya mantap Pak Haji

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>