Om AGUS Pati ini salah satu pelanggan setia kami, orangnya selalu di perjalanan laut melulu sehingga kami pun susah menghubunginya. Mungkin terkadang ada di tengah-tengah laut mana jadi sinyal handphone kurang bagus. Semua pemilihan burungnya diserahkan sepenuhnya kepada kami, dianya sendiri tidak pernah melihat sebelumnya. Pada suatu pagi Om Agus bersmsan dengan saya, minta dipilihkan seekor anakan MB Kopassus yang kelak bisa diajak jalan-jalan. Sebetulnya menghadapi pelanggan seperti ini ada beban moril juga, jadi jangan dianggap enak-enakan saja. Yah dari pada saya salah memilihkannya, akhirnya saya ambilkan saja dari salah satu koleksi MB kami, yaitu salah satu anakan TAI CHI MASTER dengan nomer ring SKL 999 (Hitam/Orange).

Nomer ring ini salah satu angka favorit saya, dan nomer yang sama pernah kami gunakan pada MB nama ATLANTIS SKL 999 milik Om NOVI Cimahi. Bedanya yang milik Atlantis dari bahan gold 80%, sedangkan milik Tai Chi Master ini dari bahan logam biasa. Bahan logam ini tidak membedakan kualitas burungnya. Kebetulan saja, ketika Atlantis masih jabang bayi, saya masih sangat idealis dengan masalah ring burung. Jadi lah Atlantis ini dipakaikan ring gold, tetapi sayangnya nomer ringnya tidak kelihatan jelas, jadi tidak kami bikin lagi. Sudah mahal harganya, tapi tidak begitu jelas nomernya, kecuali kita pegang burungnya.

Tai Chi Master SKL 999 ini adalah saudara kandung dari SKL 909 milik Om Erwin Batam. Keduanya bahan MB yang kelak akan memiliki suara keras, tajam. Bedanya SKL 999 ini selalu kita umbar lepas di kandang penangkaran, agar lebih mudah merawatnya. Terus terang saat ini di setiap ruangan di Sekolahan Burung SKL sudah hampir penuh dengan burung, dan ke depan saya belum ada rencana untuk menambah perawat burung, karena pusing untuk membayarnya. Orang berpikir bahwa SKL itu enak-enakan saja, padahal sih sama saja. Sama pusingnya. Kalau Allah membeda-bedakan antara yang satu dengan yang lainnya, berarti Allah tidak adil dong. Tul kan? Kan ada pepatah, kita hanya bisa melihat rumput tetangga lebih hijau, padahal sih sama saja. He…he.

Ini pengakuan Jack MA, Milliader terkaya di China dan CEO Alibaba Group, yang penawaran saham perdananya (IPO) di Amerika membuat harta kekayaanya melonjak sampai menjadi US$26,5milliar. Toh dia merasa lebih berbahagia ketika dulu gajinya masih Rp 238ribu/bulan, saat masih menjadi mahasiswa. He…he. Justru dia sekarang lebih berhati-hati mengunakan uangnya dan memeras otaknya setiap hari demi kepentingan orang banyak. Ini sebagai contoh perasaan orang yang sekaliber dia, yaitu mengungkapkan perasaan hatinya dengan jujur. Jadi sama saja lah kita semua ini. Akhirnya toh kalau kelak dipanggil Allah SWT yang kita bawa (umat Muslim) hanyalah kain kafan sepanjang 5 meter saja, tidak ada yang lainnya. He…he.

Semua jenis usaha, termasuk sebuah penangkaran juga prinsipnya sama. Sewaktu kita masih memiliki 3 kandang terasa nyaman, tetapi juga terasa masih kurang sehingga kita menambah kandang lagi. Setelah semakin bertambah banyak kandangnya, barulah muncul masalah-masalah. Salah satunya, jika terjadi krisis jangkrik kepala ini terasa pening. Atau, jika tiba-tiba salah satu perawat burung kita mengundurkan diri karena sesuatu hal, yah pusing juga karena harus mendidik orang yang baru mulai dari awal lagi. Pokoknya kenyataannya bukan bertambah enak, tetapi yang jelas bertambah pusing saja. Makanya ada beberapa anakan burung yang memang sengaja kami umbar semenjak kecil, terus sampai menjelang datangnya masa moultingnya, baru setelah itu kami tangkap lagi kemudian dimaster. Itu semata untuk meringankan beban pekerjaan perawat burung kami. Merawat MB di umbar di kandang penangkaran jelas lebih mudah, karena kita tidak perlu memasukkan si burung ke dalam keramba mandi setiap paginya, tidak perlu menjemurnya, karena dia bisa mandi dan berjemur di kandangnya sendiri. Selain itu kita tidak perlu membersihkan sangkarnya setiap hari, tidak perlu juga memetikin kaki jangkrik saat kita memberi makan kepada si burung. Jauh lebih simple, dan hasilnya si burung tidak cepat menjadi jinak. Burung masih anakan kan tidak cepat-cepat untuk disiapkan di lombakan, jadi kita merawatnya nyantai saja. Cuman berat di awalnya saja, karena harus invest beberapa kandang lagi khusus untuk mengumbar anakan. Tapi nanti menangnya di belakang hari.

Mudah-mudahan pilihan kami ini cocok dengan selera Om Agus. Amin…

 

PM DSC03978 SKL BF PM DSC03982 SKL BF

PM DSC03976 SKL BF PM DSC03979 SKL BF

PM DSC03986 SKL BF PM DSC03981 SKL BF

PM DSC03984 SKL BF PM DSC03987 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

4 Comments

  1. Ass pak, minta pin bb nya donk pak, saya hendry serang pak

  2. Terimaksh pak haji atas pilihanx….semoga kenal bisa di ajak rekreasi.aminnnn

    • @Dwi Agus, sama-sama Mas Agus. Makasih juga atas kepercayaannya telah memakai produk SKL.

  3. Mewah pakaji.
    Mantap

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>