Meskipun sudah memiliki 2 ekor MB Kopassus SKL, yaitu seekor anak Tunggal dari kandang RIVIERA SKL 821 dan yang seekor lagi anakan kandang SIEGEN SKL 773, Om ZAKI Pekalongan masih berburu MB trotolan SKL BF lainnya.

“Tolong pilihkan lagi seekor trotolan SKL yang sangat sangat istimewa yah Pak,” pinta Om Zaki. Terus terang saat itu saya bingung mesti memberikan yang mana lagi, karena 2 ekor MB trotolan yang pertama dipinangnya itu juga sudah istimewa.

“Ok Om Zaki, tolong beri saya waktu beberapa hari untuk menyortirnya lagi,” jawab saya. Tahun 2014 ini permintaan trotolan justru sangat meningkat tajam, terutama yang kelas MB Kopassus kami. Mereka semuanya meminta yang the Best, harga burung tersebut bagi mereka sudah tidak menjadi masalah lagi. Ini menandakan animo Kicaumania untuk turun di kelas Murai sangat besar, jelas lebih besar dibandingkan dari tahun 2013. Sayangnya stok MB Kopassus kami terbatas, karena tidak semua anakan MB itu bagusnya merata meskipun satu bapak dan satu ibu. Pasti ada perbedaannya, seperti pada kita manusia saja. Banyak terjadi adiknya cantik atau ganteng luar biasa, tetapi kakaknya biasa-biasa saja tuh. Padahal mereka sekandung kan? Atau kesuksesan seseorang juga pasti berbeda dengan saudara kandungnya sendiri. Sebagai contoh, kakak beradik sama-sama dokternya, tetapi yang di datangi lebih banyak pasien adalah sang kakaknya. Begitu juga dengan anakan MB, meskipun kakaknya telah menjadi Jawara, tetapi belum tentu dengan adiknya. Ok, meskipun adiknya bagus dan sering moncer juga, tetapi tidak bisa maksimal seperti kakaknya. Ada orang bilang karena faktor rawatan. Yang ini sudah pernah kami coba, kenyataanya juga lain. Yang jelas ini erat kaitannya dengan faktor rejeki dari masing-masing burungnya, jadi sama pada kita manusia yang tadi saya contohkan dari saudara sekandung yang sama-sama buka praktek dokter itu.

Jujur, jika ada konsumen bertanya, apakah masih ada adik atau kakaknya si Fulan yang pernah menjadi jawara, kalaupun ada, saya tidak berani menjamin sama bagusnya dengan si Fulannya itu. Kecuali, jika memang saudaranya itu kebetulan kualitasnya handal juga. Akan keliru sekali, jika kita meminang adik atau kakaknya si Fulan yang pernah menjadi Jawara, kemudian berharap atau bahkan yakin sekali saudara kandungnya itu akan mendulang sukses seperti si Fulannya. Ini pengalaman yang pernah kami alami sendiri. Kalau berikhtiar, itu jelas harus kita lakukan. Yang bisa kita lakukan adalah sebatas menyortir anakan yang bagus menurut versi kami dari setiap kandang yang kita miliki. Misal ada yang bertanya, sejauh mana ketepatannya? Tinggal kejelian mata kita masing-masing saja. Ibarat kita mau memborong buah mangga dari pohonnya. Ada yang mendekati ketepatan hasil petikan buahnya, sehingga bisa mendapatkan keuntungan. Tetapi tidak sedikit yang mengalami kerugian juga, karena salah perkiraan. He…he. Bagi saya menyortir anakan MB jauh lebih mudah dari pada memperkirakan hasil petikan buah dari sebuah pohon. Semua orang itu sudah diberi kelebihan dan kekurangannya masing-masing oleh Allah SWT.  Jadi yang penting kita harus bisa mengucapkan rasa syukur saja dari apa yang sudah kita peroleh dariNYA. Amin…

Sebetulnya anakan The ONE SKL 1100 ini sudah agak lama di take over Om ZAKI Pekalongan, tetapi kebetulan saya masih banyak terhutang postingan burung-burung yang lainnya yang sudah terlebih dahulu di take over. Dan kebetulan juga Om Zaki adalah orang yang penuh pengertian dan sabar, meskipun kami belum saling bertatap muka.

“Sabar yah Om, postingan SKL 1100 nyantai saja yah,” pernah saya berkata begitu kepada Om Zaki, karena beberapa foto dari SKL 1100 sebelumnya sudah saya kirimkan via BBM.

“Nyantai saja Pak, tidak diposting juga tidak apa-apa kok Pak,” jawab Om Zaki. Wah kalau sampai tidak di posting yah jangan toh, karena kami juga mau mempromosikan produk unggulan kami. The ONE SKL 1100 ini lahir pada tanggal 11 Maret 2014. Maaf, pengambilan foto SKL 1100 ini ketika bulunya masih basah. Baru saja selesai dimadikan keramba, tetapi belum kering pol.

Mudah-mudahan pilihan kami ini sesuai dengan selera Om Zaki. Amin…

 

PA DSC04052 SKL BF PA DSC04062 SKL BF

PA DSC04067 SKL BF PA DSC04061 SKL BF

PA DSC04059 SKL BF PA DSC04054 SKL BF

PA DSC04060 SKL BF PA DSC04066 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

5 Comments

  1. Bukaan paruhny mana tahan.
    Om zaki dah TO 2ekor MB kopassus msih kurang jga.
    Saya 1ekor yg standar smp skrang blom ksampean..hihi..

    • No Ring Istimewa nih pakaji.
      Perdana 4 Digit.

      • @Budiyanto, he…he. Iya Mas Budi.

        • Saya bru ngeh kykny pakaji pecinta film beladiri nih.
          Sebentar lg anakan sipitung keluar pakaji,he.he..

          • Luar biasa…bravo SKL!!!

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>