Pemiliknya sudah selalu bertanya tentang bagaimana perkembangan burung miliknya ini. Terus terang, saya selalu kelupaan saja. Ini pun teringat setelah melihat komentar pemiliknya yang menanyakan tentang burungnya. Pada kesempatan ini kami juga mohon ma’af atas kekhilafan kami ini. Alhamdulillah si anakan Pemburu SKL 799 ini keadaannya baik-baik saja, bulunya sedang nyulam. Terutama ekornya saja yang sudah jatuh semua dan sekarang sedang dalam keadaan ngedorong, sayap lamanya masih ada yang tertinggal. Beginilah jadinya, jika kondisi cuaca tidak mendukung. Sebetulnya sebagian burung sudah mengajak untuk mabung total, tetapi hujan yang tak kunjung datang akhirnya menghambatnya.

Keadaan burung di habitatnya, seperti di Aceh yang sudah turun hujan rutin, rata-rata sudah memasuki masa mabungnya. Nanti sekitar bulan Januari/Febuari mereka pada selesai mabungnya, setelah recovery kondisinya mereka siap-siap untuk kawin. Begitulah siklus MB di habitatnya.

Untuk membuat seekor MB turun bulu/mabung kami tidak memakai resep apa-apa, jadi kami biarkan alami saja. Kalau sudah waktunya mabung, mereka pasti akan mabung juga. Kecuali, terjadi hal-hal yang urgent, maka kami mengambil tindakan seperlunya saja. Misal, dengan menurunkan pemberian jangkriknya, full kerodong saja, menjauhkan dari suara-suara Murai Batu lainnya.

Mudah-mudahan dengan postingan ini Mas SUGIH bisa terhibur hatinya. Amin…

PM DSC04412 SKL BF PM DSC04410 SKL BF

PM DSC04413 SKL BF PM DSC04416 SKL BF

PM DSC04417 SKL BF PM DSC04422 SKL BF

PM DSC04420 SKL BF PM DSC04419 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

6 Comments

  1. Ass.pak haji,cepat jg y anakan skl 799 ini nyulamnya….
    Padahal bln juni baru kelar maoultingnya dr bulu trotol ke bulu dewasa…
    Jd mmg tergantung dr metabolismenya mb masing2 y pak haji..
    Mohon maaf klu byk tanya & mksh sblm’a.

    • @Sugiarto, kapan burung nyulam atau mabung itu tidak bisa di program seperti mesin atau seperti maunya kita manusia. Itu tergantung dari masing-masing metabolisme si burungnya Mas Sugih.
      Kalau bisa diprogram begitu, kayaknya pelomba2 sejati juga maunya di musim kemarau, waktu lagi ramai-ramainya lomba burung, burung2 miliknya jangan ada yang mabung. He…he.

  2. Ass.pak haji,
    He…he…jadi malu hati komen seperti itu..? Maklum pak haji pemula yg baru suka burung Mb.
    S x lg mhn maaf & mksh byk atas pencerahanya y pak haji.

    • @Sugiarto, sama-sama Mas Sugih…Nyulam itu tidak sama dengan mabung yah.

  3. Mksih pak haji tas podtinganya….jd g sbar pngen jmput nih pa haji….klw boleh tau kira2 kpn yah wktu yg tpat buat jmput ankan pmburu 799 ini…mhon usulanya…suwun.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>