Om MIRZA dari Tegal ini hanya bersmsan saja dengan saya untuk tercapai kata sepakat deal untuk mentake over anakan Murai Batu dari kandang PASIR PUTIH SKL 905, yang lahir pada tanggal 03 Juni 2014. Kakaknya, yaitu SKL 882, juga memiliki postur yang sangat mirip dengan SKL 905 ini. Rata-rata suara trah Pasir Putih memiliki suara yang bening, kristal dan gaya actionnya nagen pada satu titik. Gaya action ini bisa dipengaruhi dari pola rawatan juga. Ada beberapa burung yang awalnya gaya tampilannya nagen pada satu titik, eh setelah diterapkan pola rawatan diumbar/dikuliarkan malah jadi agak nakal atau tidak tenang. Berarti pola rawatan diumbar untuk burung ini tidak cocok, otomatis harus dikembalikan lagi kepada pola rawatan awal.

Dari pengalaman saya pribadi, tidak semua burung Murai Batu bisa diterapkan dengan pola rawatan diumbar. Ada juga burung yang tidak suka dijemur, jadi kalau dijemur sebentar saja akan gelisah sekali. Jadi kita harus pandai-pandai mengamati karakter masing-masing burung kita. Ada juga yang tidak suka mandi, otomatis jangan kita paksakan, apalagi dengan dipancing dengan cara disemprot kakinya atau bagian tubuh lainnya. Penyemprotan yang salah justru bisa mempengaruhi mental si burung. Terus terang, saya sendiri juga merasa kesal, jika ada MB yang tidak mau mandi-mandi. Untuk menghindari emosi kita, maka saya tinggalkan saja. Jika ternyata dia tidak mau mandi, yah kita angkat lagi saja dari keramba mandinya. Gampang saja bukan?

Selain itu, selama pola rawatan kita tidak radikal-radikal sekali, lebih baik jangan dengan mudahnya tiba-tiba merubah pola rawatan kita, misal setingan hariannya. Apalagi gampang terpengaruh oleh masukan-masukan dari orang lain, bagaimana burung kita akan menjadi istiqomah. Perubahan setingan harian, misal dari pemberian jangkrik yang biasanya 5/5 menjadi 3/3 atau sebaliknya membuat si burung memerlukan waktu adaptasi minimal 1 bulanan, bahkan ada yang baru bereaksi dengan perubahan setingan tersebut sampai 2 bulanan. Nah jika kita gampang saja merubah pola rawatan kita, bagaimana si burung akan bisa menyesuaikan dirinya?

Mudah-mudahan anakan PASIR PUTIH SKL 905 ini bisa membanggakan sang majikannya. Amin…

 

A DSC04660 SKL BF A DSC04654 SKL BF

A DSC04650 SKL BF A DSC04656 SKL BF

A DSC04661 SKL BF A DSC04663 SKL BF

A DSC04665 SKL BF A DSC04673 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. bagai pinang dibelah dua

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>