Om AGUNG Jakarta kembali mentake over beberapa MB lagi, meskipun sudah memiliki beberapa ekor MB unggulan produk kami, diantaranya seekor MB Kopassus anakan BOMBER, seekor MB PTT (belum kami posting) dan sepasang MB kandang AL PACINO. Salah satunya yang sudah ditake over Om Agung lagi, adalah MB Kopassus anakan kandang The ONE dengan nomer ring SKL 965 (Hitam/Biru), lahir pada tanggal 02 Agustus 2014.

Penampakan yang mencolok dari burung ini adalah bentuk dan ukuran paruhnya yang relaiv besar dan tebal untuk ukuran seekor anakan MB, sehingga membuat bentuk kepalanya sangat istimewa menyesuaikan bentuk paruhnya ini. Ada sebagian orang yang sangat fanatik dengan bentuk kepala seperti burung perkutut, seperti tampak jelas pada foto burung ini yang paling bawah sebelah kanan. Konon kinerja burung yang memiliki bentuk kepala seperti ini stabil. Apa iya? Yang jelas saya pun secara pribadi juga sangat suka dengan model kepala seperti ini. Untuk pembuktiannya kita lihat saja nanti di lapangan, ini yang paling realistis. Akan tetapi pengalaman seseorang dalam mengamati katuranggan seekor burung juga jangan dipandang sebelah mata.

Bagaimana kita akan memilih seekor MB hutan yang masih bisu, diam seribu bahasa. Tidak ada jalan lain, yaitu hanya dengan mengamati dan memperhatikan katuranggan burung tersebut bukan? Atau, jika kita hendak membeli seekor burung di kandang ombyokan di pasar burung, bagaimana kiat kita memilih burung yang kita idam-idamkan? Tidak ada cara lain, yaitu dengan mengamati burung-burung tersebut dengan mengerahkan semua ilmu perburungan yang kita miliki bukan? He…he. Benar atau salah dalam memilihnya, tetapi begitulah kenyataannya bukan?

Jika burung kita sudah memiliki kriteria-kriteria yang harus dipenuhi menurut versinya masing-masing, yah tinggal tunggu pembuktiannya saja nanti di lapangan. Jika masih saja meleset, jangan putus asa untuk memperdalam ilmu lagi. Mungkin kita masih salah mengimplementasikan kriteria-kriteria yang sering kita baca pada banyak artikel yang ditulis orang. Implementasi, ini juga masalah yang pelik. yang penting mau belajar, belajar, dan belajar lagi. InsyaAllah…

Mudah-mudahan burung ini kelak juga bisa memenuhi selera sang majikannya. Amin…

 

PT DSC05118 SKL BF PT DSC05114 SKL BF

PT DSC05120 SKL BF PT DSC05128 SKL BF

PT DSC05121 SKL BF PT DSC05112 SKL BF

PT DSC05130 SKL BF PT DSC05134 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

3 Comments

  1. Tulangannya kasar pakaji.
    MB calon……
    amin.

  2. subhanllah the one skl 965 nih,trotolanya aj sudah kelihatan potongan burung lapangan.Ditunjang katuranggan yg nyaris sempurna.mentalnya pun g main main nh.Makasih p hji..n bravo skl bird. Haadza min fadli rabbi…!!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *