Ini dia Muraimania sejati, malam haripun masih bertransaksi Murai Batu. He…he. Om ZAKI Pemalang (di tengah) yang sudah mentake over 3 ekor trotolan MB Kopassus sekaligus, yaitu anakan RIVIERA SKL 821, SIEGEN SKL 773 dan The ONE SKL 1100, baru pertama kalinya kami berdua bertatap muka langsung. Ekstra dari Pemalang berkunjung ke tempat kami, meskipun jalanan Pantura masih dirundung kemacetan, karena sedang dilakukan pengecoran, tetapi tidak mengurangi niat Om Zaki untuk menengok burung-burungnya.

Sebelumnya Om Zaki adalah salah satu penggemar ikan mas Koi, tetapi berhubung di kotanya sendiri tidak/sulit ditemukan rekan atau orang lain yang sama-sama menggeluti hobi ikan mas Koi, akhirnya Om Zaki merasa jenuh. Dia melihat kenyataan yang lain pada Dunia Kicaumania yang selalu gegap gempita dari hari ke harinya.

“Saya melihat pada kebanyakan rumah ditemukan sangkar burung, atau banyak yang memelihara burung. Jadi hati ini mulai berpaling, dan semenjak dulu memang saya sudah hobi burung juga Pak,” jelasnya. Masih menurut penuturannya, dulu sewaktu Anis Kembang masih populer Om Zaki bersama bapaknya berburu burung tersebut sampai ke wilayah Kuningan Jawa Barat. Bahkan dia sampai rela menunggu di bawah pohon burung itu bersarang, ketika anakannya dipanen. Begitulah serba serbi orang berburu kesenangannya, yang hobi ikan Arwana sampai terbang ke Pontianak, yang hobi batu akik sampai hunting antar pulau. Selama kita masih mampuh membayarnya, yah silahkan-silahkan saja. Ini penting untuk balance perjalanan kehidupan kita masing-masing, selama masih positiv penyalurannya. Dan jangan lupa, jika bisa sekali lagi jika bisa, pilihlah hobi yang menguntungkan atau bisa mendatangkan inkam. Pada umumnya semua yang identik dengan hobi pasti artinya mengeluarkan uang, sekarang harus kita jadikan hobi kita ini menjadi salah satu inkam kita atau minimalnya uang kita bisa berputar dari hobi dan untuk hobi lagi. Misal, segala sesuatunya yang berkaitan dengan penangkaran atau budi daya pasti akan mendatangkan inkam, baik itu budi daya ikan Lele, ikan Gurame, burung Walet, Perkutut sampai burung Murai Batu.

Khusus untuk burung Murai Batu, kami melihat ke depannya sangat prospek, karena selain saat ini menjadi burung papan paling atas sebagai burung lomba, juga burung ini sudah bisa atau bahkan gampang ditangkarkan. Sudah ada isue bahwa ke depan hanya burung hasil tangkaran saja yang bisa dilombakan, berarti burung MB akan semakin menjadi incaran para Kicaumania sejati saja, selain Love Bird dan Kenari. Seperti kita ketahui hanya 3 jenis burung lomba ini saja yang sudah banyak ditangkarkan dengan tingkat keberhasilannya yang tinggi. Kacer juga sudah mulai ditangkarkan tetapi masih sedikit, sedangkan Anis Merah masih sangat sulit, bisa dibilang belum ada yang berhasil menangkarkannya. Jadi Anis Merah masih ditangkarkan secara alami saja di Bali, si burung tidak dikandangkan melainkan masih hidup dan terbang liar di alamnya.  Petani salak disana hanya menyediakan kebutuhan pakannya saja, yaitu cacing, agar si burung tidak bersusah payah jauh-jauh mencari makan. Si burung dibikin nyaman sedemikian rupa, dengan harapan agar pada musim kawin berikutnya mau bersarang tidak jauh dari kebun si petani salak itu. Tetapi jangan lupa moto, usaha bisa ditiru nah rejeki yang tidak bisa ditiru kan?

Selain itu mudah sekali menjual burung Murai Batu yang berkualitas bagus, tidak perlu menjajakannya di Pasar Burung. Jadi mau tunggu apa lagi? He…he. Om Zaki ini sudah meminta lagi 2 ekor MB PTT untuk persiapan lomba di tahun 2015 nanti. Mudah-mudahan kami bisa menyediakannya. Amin…

 

k DSC05141 SKL BF

k DSC05142 SKL BF

k DSC05143 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

4 Comments

  1. Amin pak haji semoga Gusti Allah SWT, melancarkan rejeki pak haji.

    • @Zaki Yamani, amin P Zaki…MB PTT Sampeyan AMBASADOR SKL 892 juga sangat memuaskan perkembangannya, sudah mulai koar-koar lagi meskipun panjang ekornya belum mentok. Nanti pada saatnya akan saya posting yah.

  2. Alhamdulillah ya Robb ,somoga bisa berprestasi dan dapat di banggakan tidak hanya saya tetapi juga SKL BF.
    Sukses SKL BF

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>