Banyak pemain baru yang berpandangan, bahwa MB miliknya setelah selesai masa mabungnya bisa dilombakan sepenuhnya selama satu tahun, atau sampai datang masa mabung berikutnya. Kenyataannya tidaklah seperti yang kita inginkan. Asal tahu saja, masa panen raya lomba seekor Murai Batu itu hanyalah 4 bulan saja loh.

“Waduh, ternyata pendek saja yah Pak,” celetuk salah satu Muraimania yang pernah bertanya kepada kami.

“Memang begitulah kenyataannya,” jawab saya.

Betul, dari selesai mabungnya sampai datangnya masa mabung berikutnya seekor MB bisa menuai prestasi 5 kali saja sudah sangat bagus sekali. Mengapa demikian? Yuk kita hitung bersama-sama yah…

1. Kita ambil yang paling gampang sebagai contohnya saja, seekor MB mulai jatuh bulunya pada tanggal 01 Januari. Biasanya masa mabung seekor MB itu berlangsung 3 bulan, mulai dari jatuh bulu pertama sampai dengan tuntasnya. Berarti waktu sudah memasuki bulan April kan?

2. Setelah selesai mabungnya kita rawat biasa-biasa saja dulu, kita angin-anginkan saja selama 1 bulan penuh. Mengapa demikian? Kita memberikan kesempatan kepada bulu-bulu burung yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata untuk menyempurnakan pertumbuhannya. Dijemurpun pasti si burung tidak akan tahan lama, malah bisa merusak kesehatan burung itu sendiri. Bulan April sudah terpakai full untuk menyempurnakan bulu burung yang belum tuntas penuh.

3. Dua bulan kedepannya, yaitu bulan Mei dan Juni, kita gunakan untuk merawat intensiv jagoan kita ini.

4. Baru mulai dari bulan Juli kita bisa melombakan si burung sampai dengan bulan Oktober, totalnya hanya 4 bulan saja kan? Karena memasuki bulan berikutnya, yaitu bulan November dan Desember si burung sudah banyak diamnya. Dia siap-siap memasuki masa mabung berikutnya. Bulan Januari tahun yang akan datangnya dia mulai mabung lagi kan?

Itupun datangnya masa mabungnya seekor MB kadang ada yang lebih cepat, atau ada yang lebih lambat. Tergantung dari kondisi burung dan rawatan kita masing-masing. Tadi saya ambil contoh yang idealnya saja.

Kadang ada MB yang datang masa mabungnya lagi lebih dari setahunya, tetapi tetap saja kita sudah tidak bisa melombakannya lagi, karena kondisinya itu. Jika kita memaksakannya, yah pasti kondangan. He…he.

Kita harus konsekuen dan konsisten, jika kita ingin tetap eksis di dunia kiacauan. Mudah-mudahan sharing singkat ini bisa berbagi pengalaman antar sesama Muraimania. Amin…

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

6 Comments

  1. makasih pak haji ilmunya semoga bermanfaat bagi saya……

  2. Mantap ilmunya.
    Memang harus sabar

  3. Mantab pakaji..
    Sangat bermanfaat

  4. Sepertinya obrolan Kita tempo hari ya Pak Haji? Hehe..?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *