Tanpa pemberitahuan sebelumnya Om DEBY Serang tiba-tiba saja datang berkunjung ke penangkaran kami. Beruntung saat itu saya sedang tidak kemana mana sehingga kami bisa bertemu bertatap muka langsung.

Om Deby berserta rekan-rekannya sengaja datang ke SKL hanya untuk sekedar menengok penangkaran kami, karena Om Deby berminat menangkarkan MB di rumahnya.

“Saya ingin kursus kilat tentang penangkaran Murai Batu Pak. Tolong bantu saya agar bisa sukses menangkarkan MB seperti yang lainnya,” ujar Om Deby dengan polosnya.

Saya jelaskan bahwa menangkar MB itu ibaratnya orang memancing saja. Kadang bisa cepat dapat ikannya, tapi ada juga yang kailnya lama direspon ikan meskipun kita memakai merek joran dan umpan yang sama, bahkan posisi duduk kita saling berdekatan satu sama dengan yang lainnya. Ini fakta.

Menangkar MB juga begitu adanya. Meskipun teorinya sama yaitu, mulai dari model kandang, pakan dan rawatannya sama tapi tingkat keberhasilan masing-masing penangkarnya dijamin pasti berbeda. Seperti ada pepatah, usaha bisa ditiru tapi rejeki yang tidak bisa ditiru.

Tapi mohon dengan sangat, meskipun begitu kita harus tetap optimis saja. Ada pepatah lainnya, jika orang lain bisa mengapa kita tidak bisa? Maksudnya, setiap insan manusia berhak berikhtiar/berusaha dalam mencapai sesuatu. Adapun hasil yang kita gapai tidak sesuai dengan ekspektasi kita yah harus kita terima apa adanya. Alhamdulillah, yang penting kita sudah mencobanya kan? Syukur syukur bisa berhasil sukses sekali, yah Alhamdulillah lagi saja. He…he.

Kita harus ingat bahwa rejeki seseorang itu sudah ada yang mengaturnya yaitu Tuhan kita Yang Maha Kuasa. Apapun yang bisa dan telah kita raih patut disyukuri saja.

Dalam hal ini tentunya Om Deby lebih ampuh dari saya, karena Om Deby lebih taat menjalankan ibadahnya. Saya sampai tersipu sipu dibuatnya. He…he. Om Deby sendiri dalam foto di bawah ini kedua dari kiri.

Tanpa diduga duga setelah kami bercengkerama cukup lama Om Deby mengutarakan niatnya ingin mengambil sepasang indukan dari SKL. Saya tawarkan sepasang MB hutan, yang jantan berasal dari Bohorok yang merupakan burung lama saya, sedangkan yang betina berasal dari wilayah Aceh Besar.

“Yang penting burungnya bagus saja Pak dan layak untuk ditangkarkan,” ujar Om Deby.

Untuk yang betina kami sodorkan 2 ekor MB hutan dua-duanya agar Om Deby bisa memilihnya. Disinilah Om Deby kebingungan dalam memilihnya, karena dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangannya.

“Haddeehhh…bingung saya memilihnya Pak. Dua duanya bagus semua,” kata Om Deby. Saya hanya bisa terkekeh saja, karena saya tidak mau mengintervensi dalam hal pemilihannya, apalagi saat itu Om Deby sudah membawa pakar burungnya.

Sayangnya pendapat pakar burungnya dan Om Deby sendiri saling berbeda. Yang pakarnya lebih condong ke betina yang satunya, sedangkan Om Debynya lebih suka pada betina lainnya dari hasil pandangan matanya sendiri. Akhirnya saya menengah nengahinya agar Om Deby harus yakin sendiri dengan hasil pandangan matanya sendiri.

Selain itu saya ungkapkan juga bahwa kelak anakannya tetap saja harus disortir lagi jika ingin mendapatkan yang terbaiknya. Tidak mungkin anakan dari semua mahluk hidup pasti sama merata, meskipun berasal dari satu bapak dan ibu. Pasti ada perbedaannya.

Alhamdulillah…akhirnya Om Deby menjatuhkan pilihannya yang sesuai dengan pandangan matanya dan memang betul betina itu yang lebih bagus dari yang satunya. Makanya saya tekankan agar Om Deby harus yakin dengan penilaian matanya sendiri, karena kelak yang akan merawat burung itu Om Debi sendiri. Jadi dalam hal pemilihannya harus yang cocok dengan suara hatinya kan?

Setelah mendapatkan pilihannya Om Deby menitipkannya semalam sampai paling lama dua malam dulu di tempat kami, karena Om Deby masih harus berkunjung ke rekan rekannya di seputar wilayah Cirebon.

Alhamdulillah hari penjemputannya tiba dan Om Deby langsung kembali pulang ke Serang. Mudah-mudahan Om Deby bisa cepat sukses dalam menangkarkan MB. Amiiinnn…

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *