Sebetulnya penjemputan burung-burung indukan MB milik SUHADA Karang Ampel, Indramayu sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Artikelnya belum kami posting, tapi yang pasangan jantan trah BOMBER (F2) SKL 1256 Vs betina trah ARMADA (F2) SKL sudah bertelur di kandang penangkaran milik Om Suhada.

Ini merupakan rekor baru dari mulai dijemputnya sepasang indukan MB dari tempat kami ke tempat pemiliknya yang baru hingga bertelurnya, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 8 hari saja sepasang burung ini sudah menata sarang di gelodoknya dan akhirnya bertelur. Yang membuat optimis Om Suhada adalah baik betina maupun yang jantannya ikut andil dalam menata sarangnya dan kemudian yang jantannya selalu menungguin di gelodoknya.

Awalnya Om Suhada memberitahu saya bahwa bahan sarang yang ia tebarkan di lantai kandang penangkarannya tiba-tiba cepat menghilang habis. Dan yang jantan selalu nongkrong nungguin di pintu gelodoknya. Setelah beberapa hari si betina menghilang tidak nampak terbang terbang lagi di dalam kandang ternaknya. Om Suhada melongok ke dalam kandang ternaknya, ternyata hanya nampak ekor sibetina menjulang keatas di dalam gelodoknya, sedangkan yang jantan nongkrong di dekat gelodoknya itu. Ini merupakan pertanda yang sangat baik, apalagi dalam pembuatan sarangnya dilakukan bersama sama oleh kedua MB tersebut.

Dari awal saya sudah yakin bahwa Om Suhada bertangan dingin dalam menangani burung, terutama burung Murai Batu (MB), dan hal tersebut sebelumnya sudah pernah saya utarakan kepadanya. Kesemuanya ini bisa nampak kelihatan dari karakter Om Suhada yang penuh kesabaran. Anak laki-laki semata wayangnya saja cenderung lebih dekat kepada Om Suhada daripada ke istrinya.

“Anak saya ini akan selalu ikut kemanapun saya pergi. Dia tidak mau tinggal di rumah bersama istri saya,” tutur Om Suhada beberapa waktu yang lalu.

Dari sini sudah kelihatan bahwa Om Suhada berhati lembut sehingga dalam menangani burung miliknya juga pasti akan penuh kasih sayang dan kesabaran. Saya sendiri sampai percaya pernah menitipkan beberapa burung milik saya ke Om Suhada dan Alhamdulillah semuanya sehat-sehat saja sampai hari penjemputannya. Sekarang terbukti lagi dalam menangani penangkarannya. Tentu saja semuanya ini ada kaitannya dengan rejeki yang diberikan olehNYA kepada Om Suhada. Amiiinnn…

Pasangan lainnya yang ditake over Om Suhada adalah jantan dari trah Bionic Vs MB betina hutan dari wilayah Aceh Besar. Mudah-mudahan pasangan lainnya bisa cepat menyusul untuk segera berproduksi. Amiiinnn…

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. Rezeki om suhada

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *