Ini salah satu MB jantan dari tiga pasang MB yang ditake over Om H. BUDIMAN Majalaya yaitu, dari trah BANYU BIRU SKL 687. Burung ini memiliki vokal yang kristal dan tajam. Pada kenyataannya katuranggan burung ini sangat elok.

Sebetulnya burung ini layak untuk dibawa ke lapangan. Berhubung kami ingin mengembangkan trah Banyu Biru yang kebetulan kami tidak sempat memiliki banyak keturunannya, akhirnya burung ini kami masukan ke kandang ternak dulu agar kelak bisa diambil keturunannya. Rencana tinggal rencana saja.

Saat usia mabung pertamanya burung ini tidaklah terlalu gacor, tapi setelah menjalani proses mabung-mabung berikutnya burung ini semakin menunjukan jatidirinya sebagai MB jantan yang tangguh. Jadi seperti pada kita manusia saja, kadang masa puber seekor MB bisa datang agak terlambat. Setiap burung membawa karakternya masing-masing.

Burung ini juga memiliki karakter yang baik terhadap lawan jenis kelaminnya sehingga kami tidak mendapatkan kesulitan dalam menjodohkannya. Alhamdulillah…

Seperti yang kami ulas pada artikel kemarin (02/08) bahwa akhirnya Om H. Budiman memutuskan menjadi penangkar setelah menjadi pelomba yang sudah berkelana di seputar Jawa Barat. Bukan apa-apa, semuanya ini karena faktor keterbatasan waktu Om H. Budiman dalam beberapa waktu terakhir ini.

Merawat MB lapangan diakui membutuhkan waktu yang cukup luang, karena merawat MB lapangan harus intensiv. Terutama dalam hal penjemurannya yang memang harus kita tungguin agar tidak kebablasan dan tidak digondol maling.

Lain halnya dengan menangkar MB yang dalam perawatannya lebih nyantai. Terpenting cukup memberikan makanan pagi dan sore. Urusan mandi dan berjempur bisa dilakukan oleh siburung itu sendiri di dalam kandang ternak. Kita hanya memerlukan menyediakan fasilitas untuk mandinya saja. Sangat simple bukan?

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. Paruhnya kokoh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *