Ini pejantan kedua yang ditake over Om H. BUDIMAN Majalaya yaitu, dari trah BHM SKL 1454. Burung ini memiliki postur body yang sangat kompakt dan proportional.

Saat ini si burung sedang menjalani proses nyulamnya, ekor dan bulu kepalanya sudah jatuh semua. Kami harapkan burung ini tidak hanya memasuki masa nyulamnya saja, melainkan kalau memungkinkan sekalian memasuki masa mabungnya agar bisa dimaster ulang.

Saya pribadi sangat senang jika seekor burung MB bisa cepat memasuki masa mabungnya, karena dari situ usia burung dihitung. Ini tentunya pengaruhnya sangat fital bagi burung MB lapangan, karena kemapanan usianya sangat berpengaruh pada performanya, terutama mentalnya. Selain itu selama masa mabung isian burung tersebut bisa disempunakan kembali. Maka dari itu, jika kita memiliki MB muda, sekalipun bagus, jangan sekali kali menganggap remeh terhadap burung yang sudah mapan usianya. Apalagi MB tua itu seekor MB juara yang tentunya materi isiannya pasti sudah lengkap dan faseh membawakan lagu-lagunya.

Seekor MB yang sudah mapan usia pada umumnya bisa membawakan materi isiannya lebih baik dari pada MB muda, meskipun bagi telinga kita kesannya terdengar mirip, atau bahkan sama. Pada kenyataannya bagi telinga burung pasti lain sekali. Yang pasti seekor MB juara yang sudah mapan usianya, diatas 5 tahunan atau 5x mabung, suaranya pasti berbeda dengan seekor MB yang baru 2x mabung, apalagi jika dibandingkan dengan yang baru sekali mabung saja.

Bayangkan saja sudah 5x mabung atau bahkan lebih, berarti burung tersebut sudah dimaster ulang 5x untuk disempurnakan materi isiannya oleh pemiliknya. Jadi bisa kita bayangkan bagaimana fasehnya burung itu membawakan isiannya, apalagi burung tersebut sudah mengalami 8x mabung. Hhhmmm…

Kita bukannya takut, tapi hanya berusaha menerima kenyataan yang ada. Semuanya perlu diperhitungkan agar hasil jerih payah kita selama merawat gacoan MB muda kita tidak sia-sia. Jam terbang itu sangat perlu. Hal ini juga berlaku bagi para pilot kan?

Rencananya BHM SKL 1454 ini untuk sementara waktu mau dikaryakan dulu, ditangkarkan terlebih dahulu sembari menunggu usianya menjadi lebih mapan. Mudah-mudahan Om H. Budiman sukses dalam menangkarkannya. Amiiinnn…

 

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *