Saat difoto burung ini, VALENCIA SKL 1180 milik Om CHANDRA Kupang – NTT, sedang dorong ekor dari mabungnya. Burungnya kecil, tapi jangan tanya lagi soal kualitas mental dan volumenya. Yang jelas burung ini typikal ngotot, bahkan tidak perduli dengan perbedaan ukuran badan lawannya.

Banyak kicaumania yang tidak suka burung MB dengan body yang kecil, tapi saya pribadi justru lebih suka model MB yang seperti ini. Ada yang beranggapan bahwa MB dengan badan yang kecil volumenya tidak akan “ngangkat”, atau pasti akan kalah kencangnya melawan MB yang berbadan besar. Opini ini jelas keliru. Apakah badan Ruth Sahanaya atau Yuni Sara badannya tinggi besar? He…he.

Suara merdu itu tidak ada hubungannya dengan ukuran badan seseorang dan hal ini berlaku juga MB lapangan. Dan sangat salah jika kita hanya menginginkan volume yang kencang atau dahsyat saja, karena seekor MB lapangan untuk bisa moncer tidak hanya ditentukan oleh faktor kencang suaranya saja, melainkan yang terpenting adalah durasi kerjanya. Durasi kerja ini erat kaitannya dengan mental burung itu sendiri.

Percuma saja kita memiliki seekor MB dengan volumenya yang keras, tapi kerjanya hanya pada awalnya saja atau membleh pada tengah tengah lomba. Otomatis burung ini tidak akan terpantau lagi oleh para juri. Dan pada kenyataannya, seekor MB dengan volume dahsyat, atau bahkan super dahsyat kebanyakan gembos ditengah jalan. Silahkan tanyakan kepada para lomba sejati dengan jam terbang yang tinggi.

Semua kicaumania pasti menginginkan seekor MB dengan volume dahsyat dan durasi kerjanya juga yang sangat mumpuni. Itu seolah olah kita menginginkan mendapat pasangan hidup yang cantik/ganteng, pintar, anaknya orang kaya dan dari keluarga terpandang, taat beragama, patuh kepada kita dan sudah sangat mapan dari sisi pekerjaannya. Hhmmmm…ingat, No Body Is Perfekt.

Selama di sekolahkan di SKL Om Chandra tidak pernah menanyakan keberadaan burungnya.

“Agar tidak terasa lewatnya waktu dan tahu-tahu burung kita sudah mabung 2x Pak,” ujar Om Chandra.

Ini strategi psikologis yang manjur. Dan Alhamdulillah semua burung Om Chandra sehat sehat selalu. Aamiiinnn…

 

 

p DSC02191 SKL BF p DSC02193 SKL BF

p DSC02188 SKL BF p DSC02184 SKL BF

p DSC02172 SKL BF p DSC02160 SKL BF

p DSC02159 SKL BF p DSC02196 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *