Ini penampakan pejantan kedua milik Om CENGKUAN Makasar, yaitu dari trah CHAMP (F2) SKL 1254. Burung ini memiliki postur tubuh yang bagus, selain trahnya yang bagus pula. Maka dari itu burung ini layak untuk diambil regenerasinya.

Seperti yang diulas pada artikel kemarin bahwa semakin banyak penangkar MB bermunculan dengan harapan bisa mendulang kesuksesan seperti penangkar MB lainnya. Disini perlu diingat bahwa rejeki seseorang tidak sama dengan rejeki orang lainnya, tapi usaha ini boleh dicoba karena tidak perlu investasi banyak waktu sehingga tidak mengganggu aktivitas utama kita. Yang diperlukan hanya kesabaran saja.

Kita jangan terpengaruh menjadi nervous dikarenakan ada rekan kita yang sangat cepat sukses menjadi penangkar MB. Kita yang istiqomah saja merawat burung milik kita masing masing. Kapan kapan burung tersebut akan berproduksi dengan sendirinya jika rawatan kita bagus dan kondisinya sudah stabil.

Jika kita angin anginan merawatnya maka dijamin si burung akan merasakannya juga. Itu pengalaman pribadi yang pernah saya alami. Jadi diawal saya menangkar dulu, saya tidak menuntut sama sekali agar mereka cepat berproduksi. Saya menikmati saja merawatnya, tanpa diduga duga tiba tiba burung yang ditangkarkan saya pada mulai berproduksi, padahal saat itu skill saya dalam menangkarkan MB sangat minim.

Lain halnya saat saya mencoba menangkarkan Lovebird yang selalu penuh harapan, apalagi katanya sangat mudah atau setidaknya lebih mudah dari pada menangkarkan burung Murai Batu, tapi kenyataannya toh saya gagal total menangkarkan Lovebird. Hhhmmm…

Kemungkinan dalam menangkarkan Lovebird saya terlalu optimis menjadi sukses sehingga saat menemukan kendala sedikit saja saya sangat rentan menjadi cepat putus asa. Lain halnya dengan mereka, penangkar Lovebird sejati, yang selalu menikmatinya dalam merawatnya. Itulah perbedaannya.

Nah pesan saya, jangan terlalu banyak menuntut kepada si burung, tapi kita harus sadar dan tahu apa yang telah kita perbuat untuk burung kita itu? Mereka tergantung pada rawatan kita semata.

To be continue…

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. Om, untuk harga trotol di kisaran berapa ya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *