Sampai hari ini ada 2 ekor MB jantan milik ILUNG Korea yang masih di sekolahkan di SKL yaitu, dari trah BLACK PHANTER (F2)  SKL 1516 dan trah BRUCE LEE (F2) SKL 1515. Entah terispirasi dari mana tiba-tiba pada suatu hari Om Ilung menelpon saya agar dipilihkan 2 pasang indukan MB yang siap produksi.

Yang jelas dari sini bisa disimpulkan bahwa, semakin hari semakin banyak saja kicaumania yang berniat menangkarkan MB. Daya tarik burung ini sangat besar bukan hanya suara kicauannya yang merdu saja, melainkan juga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Yang terakhir ini menjadi daya tarik sendiri sebagai usaha sampingan yang tidak perlu kita tungguin setiap harinya seperti layaknya kita memiliki sebuah toko.

Om Ilung pernah bertutur kepada saya bahwa ia tidak tahu kapan akan pulang ke Indonesianya, tapi toh Om Ilung berani membuka penangkaran MB. Mengapa? Karena menangkar MB ini sebetulnya adalah sebuah pekerjaaan yang mudah. Cukup hanya memberi makan pagi dan sore hari saja. Memandikan dan menjemurnya juga tidak perlu, karena siburung akan melakukannya sendiri sesuai dengan kebutuhannya masing masing. Jadi beratnya dimana?

Yang membuat berat hati kita dalam menangkarkan MB adalah menunggu nunggu setiap hari agar burung itu bisa cepat berproduksi. Pertanyaannya kita bisa apa untuk menghadapi hal yang satu ini? Lah wong kitanya saja tidak bisa berkomunikasi/berbicara langsung dengan si burung kan? Lain loh bahasa mereka itu. He…he.

Coba tanyakan saja kepada mereka penangkar MB yang sudah sukses, apa resepnya yang jitu gitu? Kalau ada jawaban yang konkret, masiv dan terstruktur, silahkan saja menulis sebuah buku tentang tips bagaimana kiat sukses menangkarkan MB, saya jamin akan menjadi bestseller. Logis kan?

Saya pribadi tidak mempunyai resep yang khusus. Saya berkerja hanya berdasarkan semangat saja. Kita hanya bisa memenuhi kualitas makanannya, dan terus terang saya hanya bisa pasrah saja. Terpenting kita tidak menjodohkan yang sesama jenis kelamin.

Kalau ada yang yakin bisa memastikan 2 atau 3 bulan ke depan setelah burung tersebut berjodoh pasti bisa berproduksi, saya mau kursus deh. Saya bicara dengan setulus hati dari lubuk hati saya yang paling dalam, dan memang saya haus akan ilmu. Jadi saya mau belajar dan selalu belajar lagi dari pihak manapun juga.

Kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar saja, lain lainnya tergantung Kuasa Tuhan kita. Yang jelas ada yang cepat bisa sukses menangkarkan MB, tapi ada pula yang harus menunggu untuk waktu yang tidak sebentar.

Sebagai contoh saja Om Akmal Surabaya, awalnya Om Akmal menemui kesulitan dalam menangkarkan MB tapi sekarang justru malah kewalahan merawat anakannya. Semuanya harus melalui sebuah proses saja.

Untuk memenuhi keinginan Om Ilung akhirnya saya pilihkan MB jantan dari trah CHAMP SKL 760, sedangkan untuk MB betinanya dari trah PEMBURU (F2) SKL 1462. Tentunya harapan kami adalah agar Om Ilung bisa cepat sukses sebagai penangkar MB. Aamiiinnn…

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *