Sebelumnya kami sempat berkomunikasi via selular hanya sekilas saja. Pada kesempatan itu Om ARGAVIAN Solo mengutarakan niat awalnya untuk mentake over seekor MB betina trah Pemburu kami.

Saya sendiri tidak tahu dari mana Om Argavian tahu tentang nama MB Pemburu versi SKL. Kebetulan saat itu saya masih memiliki stoknya.

“Ok Pak. Nanti pada saatnya akan saya kabarin lagi jadwal kunjungan kami ke SKL,” ujar Om Argavian.

Tiba tiba saja pada suatu hari Om Argavian memberi kabar bahwa rombongannya sudah sampai di Jatibarang. Sontak saya kaget juga. Konon katanya, kebetulan Om Argavian mempunyai saudara di daerah Gunung Jati di Cirebon dan saat ini ia lagi ada aktivitas di daerah Karawang.

Dengan sedikit panduan dari saya via selular akhirnya rombongan Om Argavian sampai di penangkaran kami. Selang beberapa waktu sayapun menyusul kesana.

Kami berbincang bincang mengenai semua tentang burung Murai Batu. Om Argavian mengutarakan niatnya akan menangkarkan Murai Batu. Seperti yang pernah kami ulas pada beberapa artikel sebelumnya bahwa jika jiwa lomba seseorang belum sampai mengalir ke dalam darahnya maka saran saya lebih baik menjadi penangkarnya saja.

Merawat burung lomba itu harus benar benar tulus dari lubuk hati yang paling dalam. Kalau hanya sekedar ingin ikut ikutan teman teman saja, maka kemungkinan besar akan lebih banyak tumbangnya di tengah jalan. Jadi merawat seekor MB lapangan itu bukan hanya sekedar merawat burung itunya saja, melainkan kita juga harus merawat burung burung masterannya yang jumlahnya minimal bisa diatas 6 ekoran, bahkan idealnya bisa sampai 10 ekor. Berarti total jumlahnya dengan seekor MB itu sendiri menjadi 11 ekor.

Dan tentunya kesebelas ekor burung itu harus dirawat betul betul diantaranya dimandikan dan dijemur rutin. Hhhmmm…bisa dibayangkan. Selain itu kita juga harus menungguin semua burung itu selama penjemurannya. Jadi bisa kita hitung butuh waktu berapa jam untuk semua kegiatan tersebut.

Lain halnya dengan menangkar MB yang hanya perlu memberi makan pagi dan sore saja, setelah itu bisa kita tinggalkan untuk melakukan aktivitas utama kita. Yang PNS atau pegawai swasta tidak akan terganggu kerjanya, yang berwiraswata juga tidak akan tersita waktunya dalam menyalurkan hobinya. Sangat simple dan mudah bukan? Selain itu, salah satu kunci sukses dalam menangkarkan MB adalah semakin kita jarang menengokin burungnya maka akan lebih besar kemungkinan burung itu bisa berproduksi. Coba masih kurang enak dan nyaman dimananya lagi?

To be continue…

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *