Inilah burung Murai Batu trah SALOKA (F2) SKL 1599 yang bapaknya dipadukan dengan salah satu MB betina trah Sembrani. Ini sudah merupakan rejekinya Om FAISAL Tangerang. Dan kebetulan kami juga bukan dari penggemar MB berekor panjang sehingga kami mengeluarkannya dengan harga bersahabat saja.

Bayangkan saja baru sekali mabung dari trotolannya burung ini sdh memiliki panjang ekor 24 cm atau maksimalnya 25 cm untuk saat ini. Apalagi nanti setelah mabung kedua kali dan seterusnya, dijamin ekornya akan bertambah panjang saja.

Selain itu jenis ekornya juga typikal ekor yang bagus yaitu sangat lentur sekali, jadi mirip seperti bendera saja. Tentunya Om Faisal langsung sangat menyukai pada pandangan pertamanya.

Awalnya Om Faisal meragukan panjang ekor yang sebenarnya. Lah saya ini sudah terbiasa melihat ekor Murai Batu, tanpa diukur langsungpun saya sudah bisa memprediksinya dan ketepatannya bisa mencapai 95%. He…he.

Maka dari itu saya berani menantang Om Faisal untuk datang ke SKL dan melihatnya langsung. Begitu sampai di SKL saya mempersilahkan via selular kepada Om Faisal untuk melihat burungnya dengan ditemani perawat burung saya. Dan setelahnya Om Faisal langsung klepek klepek jatuh cinta. He…he.

Sayapun tidak merubah harganya. Harga burung tersebut sesuai komitmen awal kami, padahal kalau saya tawarkan kepada Muraimania dari komunitas MB ekor panjang pasti akan diterima dengan harga yang lebih tinggi. Siapa yang tidak akan tertarik dengan seekor MB jantan yang baru sekali mabung tapi sudah mempunyai panjang ekor minimalnya 24 cm. SKL tetap pada komitmennya, karena itu sudah menjadi rejekinya Om Faisal.

Selain memiliki ekor yang panjang MB ini juga memiliki suara yang khas tajamnya. Pemiliknya tahu sendiri waktu baru ditangkap tangan dari kandang umbarannya. Eh…selang 2 hari Om Faisal langsung memberitahukan kepada saya bahwa burungnya sudah mulai berkicau lagi. Tentunya hal ini terkait dengan mental si burung, karena pada burung ini mengalir darah trah unggulan dari kandang kami yaitu Saloka dan Sembrani.

Kita jangan khawatir dengan kondisi burung yang tertangkap tangan. Konon menurut mitos yang sudah sudah burung akan mengalami stres berat. Pada kenyataannya kami mengalami hal yang lain yaitu tidak ada pengaruhnya terhadap siburung. Hal ini sudah kami buktikan beberapa kali, termasuk MB hasil tangkapan hutan sekalipun.

Baru baru ini kami juga telah menangkap tangan MB jantan trah AK -47 “ARGO” SKL 1555 milik Om MABRUR Bekasi dari kandang umbarannya agar sipemiliknya bisa melihatnya dari dekat. Sesaat setelah ditangkap dan dimasukan ke sangkar harian si ARGO SKL 1555 ini langsung bunyi dihadapan pemiliknya. Alhamdulillah, tentunya semuanya ini erat kaitannya dengan mental masing masing burung itu sendiri.

Mudah mudahan burung ini kelak bisa membanggakan hati sang majikannya. Aamiiinnn…

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

3 Comments

  1. Ampun pakaji…jd pingin

  2. Alhamdulillah, produk SKL BF 1599 alias “MAKIBAO” suaranya tajam, yg paling senangnya lg suara Cililinnya panen trs tiap hari.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *