Saya lupa total dengan burung ini, maksudnya kelupaan memostingnya. Sebetulnya burung ini sudah lama ditake over Om RIAN Sibolga. Entah bagaimana terjadinya sampai saya kelupaan memostingnya.

Kebetulan kemarin malam Om Rian mengirim WA kepada saya, menceritakan perkembangan MB jantan yang dimilikinya, trah SALOKA SKL 1166 yang lahir pada tanggal 06 Juli 2015. Om Rian bahkan mengirimkan video twraktiel dari perkembangan burung tersebut yang sudah beraction.

“Alhamdulillah Saloka 1166 sudah selesai dari mabungnya Pak. Sekarang kondisinya sudah bisa diajak minum kopi. He…he,” begitulah isi WA dari Om Rian.

“Alhamdulillah…maaf Om Rian, saya kelupaan belum memostingnya sampai hari ini. Benar benar kelupaan saya, sekali lagi mohon maaf,” jawab saya.

“Tidak apa apa Pak, terpenting burungnya sehat wa’alfiat saja. Saya cuman mau memberikan kabar kepada Pak Syamsul tentang perkembagan burung ini saja,” kata Om Rian.

“Inshaa Allah besok akan saya poting Om Rian,” jelas saya.

“Sesenggangnya saja Pak,” ujar Om Rian.

Harap maklum saja, kondisi kepala saya ini sudah agak berbeda semenjak konsentrasi full ke penangkaran MB ini, yang jelas sering kelupaan.

Om Rian juga sudah sangat lama tidak mengontak saya lagi. Terakhir sebelum mabungnya burung ini Om Rian mengabarkan bahwa Saloka 1166 ini lebih banyak diamnya. Saya jelaskan waktu itu bahwa terakhir  Saloka hanya mengalami nyulam saja, tidak jadi mabung brol. Tentunya hal ini pada beberapa burung akan berdampak signifikan yaitu birahinya benar benar ngedrop. Seandainya masih gacorpun kinerja burung yang hanya mengalami nyulam tidak akan bisa tampil optimal jika dipaksakan dibawa ke lapangan.

Saya hanya bisa memberikan saran agar Om Rian bersabar saja. Alhamdulillah Om Rian bersabar sampai menunggu proses mabung berikutnya Saloka 1166 ini hingga tuntas dan akhirnya memberikan kabar gembira kepada saya kemarin malam (16/10).

Begitulah dalam bermain burung Murai Batu, kesabaran adalah salah satu kunci kesuksesan kita. Selain itu tergantung kecocokan pada badan kita masing masing juga. Jadi ibarat kita memilih sebuah mobil saja. Yang satu cocok dengan produk merek Toyota sedangkan yang lainnya cocok dengan produk Honda atau merek lainnya misal Mitshubisi dan masih ada merek lainnya. Konsumen tinggal yang merasakan saja lebih cocok dengan produk penangkaran yang mana, kurang lebih begitu.

Kami sebagai penangkarnya hanya bisa berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik, begitu juga sama tujuan penangkar MB lainnya. Siapa sih yang tidak mau memberikan yang terbaik?

Saya sudah mengalami banyak hal, apalagi kami mempunyai sekolahan burung atau penitipan burung milik para konsumen SKL sehingga saya bisa mengetahui burung siapa yang selama dirawat tidak banyak mengalami kendala. Ada pula yang selalu bermasalah misal bermasalah dengan kesehatan burungnya atau bahkan sampai sering mati berulang ulang selama di sekolahkan di tempat kami sehingga sayapun harus menggatikannya berkali kali pula. Biasanya ke depannya juga banyak menemui masalah. Saya tidak percaya dengan mitos, tapi kita harus realistis juga dalam mencermatinya dan ini berdasarkan pengamatan pribadi saja.

Mudah mudahan Saloka 1166 ini kelak bisa membanggakan hati sang majikannya. Aamiiinnn…

 

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *