Sehari setelah menerima kiriman MB betina trah ARMADA (F2) SKL Om APRIL Madura mengontak saya lagi via selular menanyakan apakah ada stok MB jantan untuk orientasi lomba yang bisa ditake overnya.

“Apakah saat ini ada stok anakan MB jantan yang kelak untuk orientasi lomba Pak?” tanya Om April via selular.

“Ada Om. Kebetulan burung ini lagi menjalani proses mabung pertama dari trotolannya. Dia dari trah Samber Nyawa (F2) SKL 1560,” jawab saya.

“Bisa dikirimkan beberapa fotonya via WA Pak?” tanya Om April.

“Harus saya foto dulu yah. Paling cepat besok malam baru akan saya kirimkan,” kata saya.

Kebetulan kondisi cuaca pada keesokan hari itu cerah dan angin bertiup tidak terlalu kencang sehingga saya bisa dengan cepat mengambil beberapa fotonya. Sejujurnya saya juga baru melihat lagi burung ini dari semenjak trotolannya.

Saya dikejutkan dengan perubahan tampilan physiknya setelah dia mabung setengah jalan. Bentuk kepalanya semakin cepak saja dan juga matanya tampak lebih belo dari sebelumnya.

Yang jelas trah dari darah Samber Nyawa memiliki suara diatas rata rata. Suara kakeknya bisa dibilang termasuk jenis super dahsyat. Meskipum suaranya kencang tapi bisa membawakan lagu isiannya dengam indahnya. Biasanya MB yang memiliki suara kencang tidak bisa membawakan lagu dengan indah, hanya kasarnya saja. Hal ini dikarenakan nafasnya sudah kedodoran/gembos di tengah jalan gara gara harus mengeluarkan power di awal lagunya. Silahkan perhatikan saja pada burung MB yang memiliki suara sangat dahsyat pasti akan terjadi hal itu. Jadi dalam kehidupan ini pasti selalu ada kekurangan dan kelebihannya.

Saran saya, carilah MB dengan volume di atas rata rata saja, kencang, dan bisa membawakan lagu dengan indahnya, biasanya typikal suara MB yang begini ini durasi kerjanya juga akan lebih optimal.

Pada kenyataannya banyak yang menginginkan MB dengan suara kencang sekali, super dahsyat, materi isiannya juga bagus, mental ok dan durasi kerjanya juga ok. Waduuuhhh…nanti ini sih bisa menjadi juara abadi. He…he.

Terpenting kita bisa mendapatkan burung yang bagus. Mungkin ini kalimat yang lebih bijak. Jadi kalau bagus itu yah bagus dan menangan.

Burung ini lahir pda tanggal 20 Febuari 2017. Untuk sementara Samber Nyawa 1560 ini di sekolahkan di SKL dulu. Mudah mudahan kami selalu diberikan kemudahan dalam merawatnya. Aamiiinnn…

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. Mantap p haji trah samber nyawa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *