Bertanyanya selalu sangat detail, itu pertanda bahwa orang ini benar benar mau belajar dan ingin menguasai ilmu tentang Murai Batu. Sebelumnya kami sudah sering berkomunikasi langsung baik via telpon langsung maupun via WA.

Saat pertama kali kami berkomunkasi ia mengenalkan jati dirinya sebagai FARID dari Brebes, sebuah kota tempat produsen telor asin. Orangnya sangat ramah, serba kepingin tahu hanya dalam waktu singkat.

Sebelumnya Om Farid pernah mentake over 2 ekor anakan MB dari Om DOEL Ketanggungan yang sepasang indukannya berasal dari SKL. Intinya kedua anakan tersebut memuaskan hati Om Farid, sehingga Om Farid tertarik untuk berkunjung langsung ke SKL.

Om Farid tertarik untuk membuka penangkaran MB, maka dari itu Om Farid minta kepada kami untuk dipilihkan sepasang indukan MB yang sudah cukup usianya.

Kami sodorkan sepasang MB hasil tangkapan hutan dari Bohorok, yang kebetulan pejantannya matanya buta satu tapi itu bawaan dari sananya. Kemungkinan besar pernah berkelahi dengan sesama MB jantan di hutannya atau bisa juga karena kontak dengan sejenis serangga beracun di habitatnya. Yang jelas cidera matanya tidak mempengaruhi performanya.

Justru baik pejantannya maupun betinanya memiliki postur yang bagus, bahkan sangat bagus, terutama yang betinanya. Kami dapatkan waktu itu sudah pasangan dari hutannya.

Banyak konsumen kami yang tertarik dengan betina ini, tapi apa daya karena keduanya itu sudah merupakan pasangan dari hutannya. Memang diakui body betinanya sangat aduhai.

Saat berkunjung ke SKL Om Farid membawa serta timnya. Dulunya Om Farid Cs ini pemain Merpati Balap yang sudah melanglang buana di sekitar Tegal dan sekitarnya. Diakuinya merawat atau melatih burung Merpati lebih berat, karena harus rutin melatihnya setiap hari.

“Yang jelas lebih capek Pak. Akhirnya kami memutuskan untuk mencari hobi yang sejenis sebagai alternativ yang tidak menyita waktu dan energi yang banyak dalam merawatnya,” tutur Om Farid.

Setelah banyak membaca artikel di internet dan sharing dengan rekan rekan sesama kicaumania akhirnya Om Farid memilih untuk menangkarkan burung Murai Batu dan juga kelak akan melombakannya.

Alhamdulillah setidaknya per hari ini bertambah seorang Muraimania yang akan menangkarkan burung Murai Batu. Mudah mudahan niat Om Farid ini bisa kesampaian dan selalu bisa berjalan dengan lancar. Aamiiinnn…

 

Om FARID kedua dari kiri.

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

4 Comments

  1. Mantaaap sekali burung sangkar yg di mabes SKl …. makasih banyak buat pak H. Syamsul berserta kru SKLbirdfarm atas telah menerima kunjungan kami dg baik….

    • @Farid Andrianto, sama2 Mas Farid.
      Semoga kapan2 kita bisa berjumpa kembali. Aamiiinnn…

  2. Insya allah farid ingin silaturahmi lg ke mabes SKL …
    Biar memper erat tali silaturahmi dg baik lagi bersama @H. Syamsul selaku komandan SKL birdfarm

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *