Ini MB betina trah unggulan lainnya yang ditake over Om PANJI Jakarta beberapa waktu yang lalu. Betina ini merupakan salah satu trah BOMBER (F2) yang menyandang ring SKL 1389.

Ruas badan burung ini panjang panjang seperti tampak pada fotonya mulai dari leher sampai badan. Model betina seperti ini pasti akan mengeluarkan anakan yang tangguh tangguh, apalagi ditunjang dari sisi trahnya.

Saya sendiri juga bingung dengan selera Om Panji yang begitu tingginya. Jika memilih indukan jantanpun tidak tanggung tanggung, selalu yang papan atas. Tapi, herannya lagi mengapa Om Panji tidak mau melepaskan anakan MB produknya. Padahal tidak sedikit juga yang berminat, apalagi jika calon konsumen sudah melihat tongkrongan tongkrongan indukannya. Yah pasti mereka akan langsung tertarik untuk meminang anakannya.

“Bukannya saya ini mau menahan produk tangkaran saya Pak, tapi saya mau menyortir dulu anakan dari kandang mana yang lebih sering mengeluarkan anakan yang bagus. Betulkah langkah saya ini Pak?” tanya Om Panji merendah.

“Itu persis seperti dulu yang pernah saya lakukan juga Om. Saya dulu sangat berhati hati dalam menyortir anakan MB. Maklum, karena dulu saya masih awam sekali dengan anakan MB. Jenis kelaminnya saja terkadang masih salah memprediksi. He…he,” jawab saya apa adanya juga.

Dulu saya juga tidak mengeluarkan anakan betina dari hasil tangkaran sendiri. Kalau yang ini sengaja ditahan dulu, karena saat itu mencari MB betina masih sangat sulit. Pada waktu itu tukang pikat akan melepaskan lagi hasil tangkapannya, jika yang tertangkap berjenis kelamin betina. Karena, selain nilai ekonominya saat itu masih rendah, juga para pemikat MB enggan menangkap para betinanya, karena khawatir dari waktu ke waktu burung MB akan menjadi punah, atau setidaknya sulit didapat lagi jika yang jantan dan betinanya ditangkap semua.

Jaman now beda lagi. Semuanya akan ditangkap, karena yang jantan sudah sulit didapat. Daripada pulang dengan tangan kosong maka apapun yang tertangkap pasti akan dibawa pulang oleh pemikatnya.

Sesuai dengan prediksi kami bahwa cepat atau lambat burung MB lokal Indonesia pasti akan sulit didapat. Ternyata fakta kondisi yang ada lebih cepat terjadi daripada presiksi kami. Hhhmmm…

Beruntung penangkar MB akhir akhir ini banyak bermunculan sehingga sebagian pasokan MB bisa disupport dari hasil tangkaran. Alhamdulillah…

Kalau melihat kondisi yang ada sekarang di Aceh dan di Medan, pada kenyataanya keberadaan MB memang sudah sangat sulit didapat, bahkan bisa dibilang sangat sulit. Banyak kios kios burung di Aceh maupun di Medan yang sudah tidak menjual lagi burung Murai Batu. Miris kan? Tapi itulah fakta yang ada saat ini.

Bersyukurlah kepada-NYA para penangkar MB yang telah sukses menangkarkan MB sampai mencapai level sudah berproduksi.

Mudah mudahan penangkaran MB Om Panji semakin maju saja. Aamiiinnn…

 

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *