Satu lagi MB indukan jantan kandang yang mencetak trah Macan Asia F2 ditake over Om PANJI Jakarta. Burung ini di tempat kami dinamai ZOHAN.

Om Panji tidak lelah mentake over kandang kandang MB unggulan SKL. Nama burung Zohan ini sebelumnya saya pakai sebagai indukan jantan untuk mencetak trah Macan Asia F2. Track recordnya tidak usah diragukan lagi, karena dulu burung ini sudah sering meraih prestasi di Medan.

Saat itu saya mendapatkan info dari salah satu rekan di Medan bahwa ada seekor MB lapangan yang akan dilepas oleh pemiliknya, karena ia sedang butuh dana, tapi kondisi bulunya sangat kering dan tampaknya akan memasuki masa mabungnya. Meskipun begitu, konon burung ini masih tetap berkoar koar.

Setelah mendapatkan info tentang track record dan harganya saya langsung terbang ke Medan untuk memantaunya secara langsung. Konon saat bulunya masih bagus dan rajin berprestasi burung ini pernah ditawar dengan harga fantastis, tapi sipemiliknya belum mau melepaskannya karena burung ini merupakan ATM baginya.

Saat masih berjaya biasanya kita akan selalu memuji muji burung tersebut. Giliran prestasinya macet maka siburung yang akan selalu disalahkan. Perlu kita ingat bahwa seekor burung itu bukanlah mesin. Sebuah mesin saja bisa jebol, jika kita selalu memforsirnya selama mengoperasionalkannya, apalagi ini hanyalah seekor burung. Itu fakta yang ada.

Setelah melihat langsung burungnya saya hanya berguman dalam hati saya, pantesan saja sekarang macet prestasinya karena kondisi bulunya yang kacau balau saat itu. Yang jelas untuk memabungkannya memerlukan waktu yang tidak sebentar, minimal setahunan, bisa juga sampai 2 tahun kalau melihat kondisinya seperti ini. Semuanya hanya memerlukan kesabaran saja.

Tidak ada jalan lain kecuali burung ini ditangkarkan dulu. Dipensiunkan untuk sementara waktu sembari dikaryakan agar bisa mendapatkan keturunannya sehingga waktu tunggu kita sampai dia mabung sempurna tidak sia sia.

Mudah mudahan burung ini di tempatnya Om Panji bisa kembali berproduksi lancar. Aamiiinnn…

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

8 Comments

  1. Rejekinya om Panji,Sukses Om…

  2. mengerikan mantap om panji

    • @ Dwi s, makasih om.. 🙂 salam kenal juga..

  3. Makasih pa haji, mudah mudahan bisa meneruskan keturunannya di tempat saya..

  4. Jos MB ZOHAN ini pak haji. Ini ya pak haji bapaknya Macan Asia SKL 1700?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *