Sepertinya minat menangkarkan burung Murai Batu sudah menyebar merata di seluruh bumi Nusantara ini. Hal itu dikarenakan lomba burung sudah gencar diselenggarakan dimana mana. Apalagi khusus untuk lomba kelas Murai Batu yang selalu dimanjakan dengan bergelimangnya hadiah untuk para sang juaranya.

Nilai transaksi jual beli burung Murai Batu di lapanganpun semakin tinggi saja seiring dengan semakin besarnya animo Muraimania untuk mendapatkan burung juara sebagai gacoannya.

Setelah diberlakukan mulai tahun 2017 ini dan ke depan seterusnya yaitu, akan diutamakan lomba kelas Murai Batu ring/hasil tangkaran, maka peminat Muraimania untuk memiliki MB hasil penangkaran semakin meningkat tajam signifikan. Tidak ketinggalan pebisnis yang sebelumnya bukan dari kalangan kicaumania mendadak menjadi penangkar MB.

Salah satunya Om YAN dari Indramayu yang awalnya hanya iseng terjun ke dunia burung berkicau, kini mulai serius akan menekuni dunia penangkaran, terutama untuk jenis burung Murai Batu.

“Sejujurnya, kalau untuk terjun langsung ke lomba burung saya belum bisa, karena keterbatasan waktu Pak. Mau tidak mau saya akan menekuni penangkaran Murai Batu dulu saja,” tuturnya via selular.

Semakin banyak saja orang tertarik menangkarkan burung ini, karena selain burungnya eksotis, terutama gaya tarungnya, juga burung ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Maka dari itu tidak sedikit pula pengusaha maupun PNS yang mencoba mengadu nasib menangkarkan burung ini. Begitulah kenyataan yang ada saat ini. He…he.

Om Yan berencana akan membuka penangkaran Murai Batu dengan skala besar, tapi untuk tahap pertama ia akan mengisi 7 kandang ternaknya dulu.

“Tolong pilihkan sepasang indukan yang siap produksi dari trah unggulan yah Pak,” pesannya via selular pada suatu hari.

Akhirnya saya pilihkan pejantan dari trah KAPTEN (F2) SKL 1421 yang sampai hari ini galur keturunan tersebut masih saya pakai sebagai cikal bakal basicblood di penangkaran kami sendiri.

Meskipun Om Yan belum lama menekuni Murai Batu tapi tampaknya ia seorang typikal yang selalu teliti dalam mengambil keputusan. Hal ini bisa terlihat dari pembicaraannya dengan saya yang selalu sangat detail membahas Murai Batu.

To be continue…

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

2 Comments

  1. Alhamdulillah burung MB Trah Kapten (f2) SKL 1421 yg pesan dr p haji kondisi sht2 stelah sharing sm p haji krn sy pemula ternak MB bnyk masukan2 dr p haji dari ukuran kandang kenyamanan mb smpe segi keamanan ternak MB sdh sy lakukan dan skrg ini sy hrs lbh bnyak belajar cara ternak burung mb yg ideal dr p haji mdh2an p haji tdk bosen2 memberikan ilmu cara ternak burung yg baik trmksih p haji atas suportnya.

    • @Yan, siaaappp P Yan…
      Sama2, terimakasih juga sdh memakai produk SKL.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *