Om Rahmat semakin semangat saja dengan kesibukannya sebagai penangkar Murai Batu. Diakui, menangkar Murai Batu (MB) bisa memotivasi kehidupan kita. Yang jelas bangun pagi pagi kita sudah mempunyai program untuk melakukan sesuatu yaitu memberi makan dan menegok nengok burung yang kita miliki.

Semakin seru saja jika burung yang kita tangkarkan sudah pada mulai bertelur, gairah hidup ini semakin besar. Meskipun sebetulnya kita juga menanti 2 minggu ke depan dengan harapan yang besar dan tak ketinggalan juga rasa cemas, khawatir telur tersebut tidak jadi atau tidak menetas dikarenakan tidak dibuahi oleh sang jantannya. Tapi, setidaknya itulah dinamika kehidupan kita semua. He…he.

Banyak pelajaran tentang kehidupan yang bisa kita petik dari menangkar ini, terutama yang erat kaitannya dengan kesabaran. Bagaimana tidak, jika sudah lima kali bertelur tak kunjung menetas juga. Kasus yang seperti ini sudah merupakan makanan saya sehari harinya.

Kita tidak perlu cemas, karena semua penangkar MB pasti akan mengalami kasus seperti ini juga. Jangan kita ambil pusing, nanti kita akan ikut stres saja. Menangkar MB ini selain bisa menjadikan lahan bisnis sampingan kita, juga sekalian kita bisa menyalurkan hobi ini. Nah, kalau kita menjadi stres karena hanya gara gara burung yang tidak kunjung bertelur atau kadang mau bertelur tapi tak kunjung menetas juga, yah ini sudah bukan merupakan konsekuensi hobi kita. Hobi itu kan harus bisa menyenangkan hati kita. Jadi nikmati saja, enjoy saja.

Kita harus bersyukur si betinanya sudah mau/bisa bertelur. Itu artinya bahwa mesin betina tersebut berjalan seperti seharusnya. Tinggal bagaimana caranya agar dikawin oleh sang jantannya.

Beberapa solusinya diantaranya, kualitas pakannya ditingkatkan atau bisa juga pasangannya kita ganti. Tapi solusi yang terakhir ini kita harus lebih bersabar dulu saja. Jangan sampai kita menjadi cemas melulu misalnya mengapa dan mengapa burung kita tidak menetas netas karena hal ini yang akan membuat kita stres. Kalau sudah stres otomatis kita tidak bisa berpikir jernih lagi kan?

Om Rahmat ini tampaknya merupakan sosok yang tangguh dalam menghadapi tantangan hidupnya. Kali ini saya berikan seekor betina tangguh yaitu dari trah PEMBURU (F2) SKL 1281. Mental dan katuranggan burung ini mendekati sempurna, termasuk trahnya.

Sengaja saya berikan betina ini agar Om Rahmat bisa meneruskan trah Pemburu di penangkarannya. Mudah mudahan harapan saya bisa terwujud di penangkarannya Om Rahmat. Aamiiinnn…

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *