Setelah burung ini, ARMADA (F2) SKL 1410, di sekolahkan sampai selesai mabung kedua kali akhirnya tiba hari penjemputannya. Om PAIMIN Bekasi datang berkunjung ke SKL bersama rekan rekannya. Seperti biasanya Om ARIA Bekasi juga turut serta mendampinginya.

Sebetulnya tanggung jawab kami sangatlah besar selama burung burung tersebut dititipkan di penangkaran kami sehingga jika burung tersebut dijemput oleh pemiliknya atau dikirimkan maka hati ini sudah menjadi lebih lega. Apalagi jika burung tersebut termasuk kategori bagus, istimewa.

Armada 1410 milik Om Paimin ini termasuk kategori istimewa. Hal ini sudah saya ungkapkan jauh jauh hari kepada pemiliknya. Pemiliknya semakin menjadi penasaran jika saya ceritakan apa adanya. Meskipun begitu Om Paimin berhasil mengendalikan dirinya untuk tidak sesegera mungkin menjemputnya.

Burung ini menjalani awal mabungnya tidak sempurna, hanya sebagian saja yang turun bulunya sehingga sangat jarang sekali bersuara. Setelah itu mengalami proses nyulam, yang jatuh hanya ekornya saja dan bulu bulu lainnya yang saat mabung pertamanya tidak sempat jatuh. Dan burung ini hanya sewaktu waktu saja mengeluarkan suaranya, tetapi saya sudah bisa memprediksinya bahwa burung ini bakal memiliki suara diatas rata rata. Semakin lama burung ini menjadi semakin gacor saja dan suaranya menjadi semakin lebih menekan saja. Dari sinilah saya semakin yakin dengan burung ini.

Datang masa mabung kedua kalinya burung ini relativ cepat juga, lebih awal dibandingkan dengan burung burung lainnya. Awalnya saya was was apakah hanya akan nyulam saja ataukah benar benar mabung.

Alhamdulillah diawali dengan jatuh bulu dada dan bulu sayapnya, bukan bulu ekor dulu. Itu merupakan gelagat baik bahwa burung ini akan memasuki masa mabungnya. Apalagi setiap paginya semakin banyak saja bulu dadanya yang pada berjatuhan. Kalau sudah tampak begini gelagatnya maka kita tinggal biarkan full kerodong saja burung ini, dan diberi makanan EF apa adanya saja, kalau bisa seminim mungkin tapi dengan syarat si burung doyan makan pur.

Tidak terasa waktu berjalan begitu dengan cepatnya dan Armada 1410 ini sudah selesai menjalani proses mabungnya. Setelah mabung keduanya burung ini semakin menjadi jadi yaitu dadakan menjadi gacor dan volumenya kencang sekali dengan typikal suara menekan.

Saya menceritakan semua perkembangan burung ini kepada pemiliknya dan akhirnya pemiliknya memutuskan untuk menjemputnya. Alhamdulillah…

2 mingguan setelah penjemputannya burung ini langsung ditestnya dibawa ke lapangan, Alhamdulillah langsung mampuh menyabet juara kedua. Setelahnya, setiap 2 minggu sekali burung ini selalu dibawa ke lapangan dan selalu mendapatkan prestasi juara ke.1. Parahnya selalu diikut sertakan sampai 2 kelas.

Pemiliknya memang maniak lomba. Mudah mudahan burung ini bisa selalu menghibur dan membanggakan hati sang majikannya. Aamiiinnn…

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *