Tidak sedikit pemilik MB bertanya atau curhat mengapa MB miliknya setelah selesai mabung terakhirnya berubah menjadi tidak bagus, tidak seperti sebelum mabungnya. Betul sekali, kadang burung setelah selesai mabungnya bisa berubah. Ada yang semakin bagus, tapi ada pula yang semakin menurun grafiknya, misalnya ditandai dengan hanya mengeluarkan suara ngeriwik saja, tidak nembak nembak lagi seperti dulu.

Yang kita bicarakan di sini adalah kasus yang grafiknya semakin menurun saja yah. Ini bukan berarti burung kita semakin menjadi jelek “permanen” pasca mabungnya.
Kejadian seperti ini pasti akan dialami oleh semua burung, bahkan yang sudah jawara sekalipun. Maksudnya yang jawara sejati, sering berprestasi di event event lomba besar.

Silahkan amati saja pada kenyataannya, yaitu banyak burung yang pada tahun sebelumnya sering berprestasi, tiba tiba pasca mabungnya berubah drastis kurang mau berkerja di lapangan yang pada akhirnya jarang panen prestasi kembali.
Itu hal yang sdh biasa/lumrah.
Itu semuanya, salah satunya, disebabkan karena mabungnya tidak semulus seperti yang kita harapkan.

Menurut pandangan kasat mata kita burung tersebut memang mengalami masa mabung, tapi pada kenyataannya kita tidak tahu persis berapa persen bulu yang jatuh/rontok pada setiap siklus mabungnya kan?
Ini kasus yang rancu. Pemilik burung berharap setiap kali selesai mabung pasti burung miliknya akan bertambah bagus performanya karena usianya semakin bertambah mapan, apalagi burung masterannya dilengkapi menjadi semakin komplit. Pada kenyataannya itu tidak selalu benar 100%.

Masih banyak faktor lainnya yang bisa mempengaruhinya, diantaranya berapa persen bulu yang jatuh pada saat dia menjalani masa mabungnya yaitu cuman 50% kah, 70% kah, atau di atas 80% dan bagaimana pola rawat kita selama dia mabung? Kalau sampai mencapai 100% bulunya jatuh semua juga pasti tidak mungkin.

Jadi jangan kaget jika sewaktu waktu burung kita bisa berubah dadakan. Itulah perlunya kesabaran dalam merawat burung, terutama dalam merawat burung MB.
Mustahil seekor MB akan menjadi juara setiap pasca mabungnya. Sampai hari inipun juga belum ada. Yang ada hanyalah pemiliknya yg berharap begitu.
Tapi kalau burung kita pernah tampil bagus, maka kapan kapan pasti akan kembali lagi pada performa awalnya, paling lama setelah mabung yang berikutnya lagi.

Sebetulnya kita membawa burung MB milik kita ke lapangan paling bagusnya setiap 2x setahun, atau setiap selesai 2x mabung.
Misal, tahun ini kita bawa ke lapangan maka pada tahun berikutnya kita istirahatkan, atau tidak dirawat intensiv agar bisa cepat mabung lagi, dan kalau tidak dirawat intensiv biasanya siklus mabung berikutnya akan datang lebih awal dan lebih bagus, harapannya bulu yang jatuh diatas 80%. Pasti banyak pelomba yang tidak akan sabaran untuk melakukan hal ini dan akan mengabaikannya.

Tapi, coba silahkan amati MB MB jawara, yang sejati sekalipun, prestasinya atau kinerjanya pasti akan menurun setelah selesai mabung yang berikutnya, yang mana sebelum mabungnya dia sering berprestasi. Mengapa? Salah satunya, karena saat dia gencar dilombakan sering kita tune up pemberian EFnya. Otomatis akar bulu bulunya semakin kuat/subur berkat pemberian EF di atas kewajaran. Selain itu burung belum merasa rileks/nyantai sekali dari semangat tempurnya, karena burung MB ini burung fighter sejati sehingga sekali dia dilombakan maka dia akan merasa kecanduan. Ini mempengaruhi ketegangan otot otot ditubuhnya, termasuk otot otot yang berpengaruh pada akar bulu bulunya.

Solusinya, setelah selesai mabung yang terakhirnya kita istirahatkan saja, full istirahat agar dia bisa merasa santai. Dijamin mabung berikutnya akan lebih baik dan datangnya masa mabungnya akan lebih cepat pula. Performanya juga pasti akan lebih baik asalkan kita benar benar konsekuen mengistirahtakan dia full. Pemberian ekstra fooding (EF) juga ala kadarnya saja, sekalian detox.

To be continue…

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

10 Comments

  1. Belajar suhuuu

    • @Zaki YM, yg penting sabar P Zaki, jangan terlalu ngoyo.
      Chodet sdh selesai mabung.

      • Assalamualaikum… pak Haji, bila ingin ke SKL apakah ready untuk trotolnya?

  2. Setuju sekali pa haji..sudah pernah mengalami saya hehehe

    • @Aris Bekasi, pengalaman itu memang mahal yah Mas Aris.

  3. Setuju…

  4. Mantap ini share ilmunya Pak Haji

  5. Assalamualaikum… pak Haji, bila ingin ke SKL apakah ready untuk trotolnya?

  6. Mau tanya pak haji, murai saya umur 1th sudah 3x mabung dari saya meloloh sendiri hingga sekarang. Normal atau tidak murai saya? Setelah mabung selesai masih ngeplong suaranya. Terima kasih sebelumnya.

    • @Adhyejuve, maksudnya tidak mengeluarkan isian, jadi hanya suara2 ngeban2 saja gitu?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *