Seperti yang sering diulas pada artikel artikel di website ini yaitu seekor MB harus cukup usia dulu untuk bisa dibawa ke lapangan. Tapi kita juga tidak cukup hanya bergantung pada sudah berapa kali mabungnya MB tersebut saja. MB yang sudah cukup usianyapun, dan bahkan yang sudah pernah berprestasi bisa saja berubah tidak menjadi lebih baik, yaitu menurun kondisinya pasca mabung yang terakhirnya.

Jika kita mendapatkan kasus seperti ini, maka jangan sekali kali kita membawa MB tersebut ke lapangan dulu. Percuma saja, dijamin hanya rasa kecewa yang akan kita dapat selain cuman kondangan saja. Kalau kecewa terhadap diri sendiri saja masih mendingan. Yang dikhawatirkan di sini adalah rasa kecewa terhadap burung milik kita sendiri.

Perlu diingat yah, jangan sekali kali menyalahkan burung. Burung tidak bersalah sama sekali, dia tidak bisa bicara untuk menjelaskan bahwa kondisinya lagi kurang fit. Maklum bahasa kita berbeda kan? He…he.

Jadi kita sebagai pemiliknya harus pandai pandai melihat situasi dan kondisi burung itu sendiri. Saya yakin setiap pelomba sudah bisa melihat kapan harus menurunkan burungnya ke lapangan. Yang jadi masalah utama di sini adalah hati kita sendiri/ego kita sendiri yang kadang tidak bisa tertanggulangi oleh diri kita masing masing, tidak bisa dibendung hasratnya karena ingin buru buru untuk membawa burung tersebut ke lapangan.

Atau bisa juga karena diprovokasi rekan kicaumanianya sendiri. Sudah tahu kondisi burung lagi kurang fit atau belum mencapai Top Formnya kita paksakan sudah membawanya ke lapangan. Jadi dalam hal ini siapa yang salah? Ada lagi alasan lainnya yaitu gara gara sudah terlanjur beli tiketnya, itu kebanyakan alasan yang dipakai oleh pemilik burungnya, termasuk saya sendiri dulu juga begitu. He…he.

Atau coba coba/iseng iseng siapa tahu mau kerja bagus, karena yakin hanya mengandalkan kualitas burung miliknya saja. Atau karena MBnya MB juara maka pemiliknya menyepelehkan kualitas lawan lainnya. Dalam hal ini tidak ada tawar menawar lagi, kalau kondisi burung lagi tidak fit pasti saja kerjanya akan ngawur ngawuran.

Yang paling banyak dirasakan oleh kicaumania adalah sudah menunggu nunggu lama burung itu selesai mabung, eh…sekarang si burung malah berubah jadi jarang bunyi. Yang jam terbangnya kurang pasti akan kecewa, selalu bertanya tanaya mengapa dan kenapa burung saya ini. Yang jam terbangnya cukup paling bisa mengelus dada saja agar bisa lebih bersabar. Kalau tiga bulan, atau paling lamanya 4 bulan setelah selesai dari mabungnya kondisi burung tidak menjadi lebih baik, maka diputuskan dengan tegas untuk dimabungkan lagi saja. Ini pasti ada sesuatu yang ganjil dengan mabung yang terakhirnya.

Dari judul artikelnya sekarang kita bisa menyimpulkan sendiri kapan paling idealnya melombakan seekor burung. Maka dari itu pelomba pelomba besar selalu memiliki burung burung lapis kedua untuk berjaga jaga jika burung andalannya bermasalah. Atau, mereka sengaja mengistirahatkan burung andalannya agar ke depannya bisa tampil lebih baik lagi.

Mudah mudahan sharing bersama ini bisa bermanfaat sebagaimana mestinya. Aamiiinnn…

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

8 Comments

  1. Kapan yah pak haji turun k lapangan?

    • @Akmal, nanti akan tiba juga saatnya Mas Akmal…

      • Ga usah pak pak haji, kalo sudah ada burung siap ke lapang,saya aja yang capek capek bawa ke lapangan,terusin rawatnya hehe ditunggu infonya

        • @Zaki YM, terus setelah itu burungnya dibawa ke Pemalang gitu? He…he.

          • Ya iya lah pak hajii saya masi kebelet cari yang josss buat naik

  2. mau tanya anakan muray kira2 berapa ya om kalo di SKL BF?

  3. Maaf ganggu waktunya pa hj. Beberapa wkt lalu saya adopsi lepas trotolan katanya ternakan SKL . Yg jadi pertanyaan kalo ring yg di pake SKL itu tertulis Heretic double ring hitam sama merah…apakah betul…sekali lagi maaf tanya pa hj..

    • @Firman Pman, unt jantan ring double. Tapi apa maksudnya dg Heretic?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *