Setelah beberapa waktu Om YAN mentake over sepasang indukan MB dari kami, kali ini Om Yan mentake over lagi 2 pasang indukan MB.

“Sekalian capek mengurusnya Pak. Merawat sepasang atau lebih sama saja invest waktu- dan capeknya,” kata Om Yan.

Betul juga apa yang dipikirkan Om Yan ini. Merawat indukan MB penangkaran hanya membutuhkan waktu yang sebentar saja, lain halnya jika kita merawat Murai Batu (MB) untuk lomba.

Merawat MB lapangan kita harus memandikannya di keramba, kaki jangkriknya harus kita petikin dulu sebelum diberikan kepada si burung. Setelah dimandikan kemudian dilanjutkan dengan penjemuran si burung. Otomatis selama penjemuran kita harus menungguinnya. Jika kita tidak mendampinginya selama penjemuran, dijamin tinggal menghitung hari saja burung itu akan lenyap dengan sendirinya alias hilang dicuri orang. He…he.

Setelah selesai dijemur burung harus kembali dikerodong. Sore harinya dilanjutkan kembali dengan prosedur seperti pada pagi harinya, tapi dengan perbedaan tidak dimandikan dan tidak perlu dijemur lagi melainkan hanya dibawa keluar untuk diangin anginkan saja.

Sangat jauh berbeda dengan halnya menangkar MB. Burung yang sedang ditangkarkan bisa mandi dan berjemur sendiri di dalam kandang ternaknya sesuai kebutuhannya. Kaki jangkrik tidak perlu kita petikin. Setelah kita memberi makan maka tugas kita selesai.

Karena perawatannya yang sangat mudah, maka sekarang banyak kicaumania yang mulai menangkarkan burung Murai Baru. Yang harus perlu diwaspadai adalah kasus Eggbinding dan penyakit tetelo saja. Maka dari itu kita harus memperhatikan kebersihan kandang ternaknya. Sirkulasi udara juga harus lancar bagi yang menangkar sistem indoor. Selebihnya kita pasrahkan kepada Yang Maha Kuasa. Aamiiinnn…

Mudah mudahan Om Yan kelak menjadi penangkar MB yang sukses. Aamiiinnn…

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *