Untuk mengembangkan penangkaran Murai Batunya Om ZAKI Pemalang selalu sangat selektiv dalam memilih indukan indukannya. Seperti sekarang ini Om Zaki telah menjatuhkan pilihannya pada salah satu betina trah SEMBRANI (F2) SKL 1394.

Dari kandang Sembrani kami sudah menghasilkan anakan jantan yang sangat memuaskan. Tidak hanya satu atau dua ekor anakan jantan saja yang sangat memuaskan tapi lebih dari itu, apalagi yang masuk kategori memuaskannya. Betina trah Sembrani di tempat kami sendiri dijadikan basicblood bagi generasi penerus di penangkaran SKL.

Om Zaki Pemalang sendiri sebetulnya tidak berencana menjadi penangkar, cuman semuanya terinspirasi secara kebetulan saja.

“Sebetulnya saya hanya mau lomba saja Pak, tapi entah gimana kok tiba tiba tercetus dalam benak pikiran saya untuk menjadi penangkar. Dari dulu saya memang suka memelihara satwa yaitu dimulai dari memelihara ikan Koi,” tutur Om Zaki saat itu.

Sampai sekarangpun Om Zaki masih memiliki beberapa ikan Koi kelas kontes. Saya sempat melihat beberapa ikannya yang memang bagus dan berukuran besar pula di rumahnya. Cuman konon memang frekuensi kontesnya tidak seintensiv Lomba Burung Berkicau.

Seperti kita ketahui lomba burung akhir akhir ini sudah menjamur kemana mana. Apalagi yang kelasnya Latberan, hampir di setiap kota bisa diadakan setiap hari yaitu seminggu 7 kali. He…he. Sangat fantastis bukan? Pesertanya mulai dari kalangan masyarakat biasa sampai para tokoh masyarakat, tapi begitu sampai di lapangan kita semua sama. Itu keunggulan lomba burung. Lah iya toh, kan yang dilombakan bukan pemiliknya melainkan burung peliharaan miliknya masing masing?

Jadi jaman sekarang tidak usah pusing pusing untuk mencari jadwal lomba burung. Maka dari itu kita tidak usah memaksakan kehendak kita untuk melombakan burung pada event event tertentu. Selagi burung kita lagi fit atau birahinya pas lagi bagus yah tinggal cari saja lomba burung yang ada pada saat itu, maka dijamin kerja maksimal. Kalau urusan menang itu lain hal lagi, karena ada faktor lain yang ikut menentukan yaitu faktor rejeki. Tapi terpenting bagi kicaumania, khususnya Muraimania, adalah burung kita kerja maksimal di lapangan sehingga bisa dinikmati oleh mata kita. Dan pada akhirnya kita puas atas kerja keras selama merawat si burung yang selama ini kita lakukan.

Mudah mudahan penangkaran MB milik Om Zaki semakin berjaya saja. Aamiiinnn…

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

3 Comments

  1. Mantappppp…..kangen jati barang nih lama ga sillaturahmi☺

  2. Siap pa haji👍

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *