Ini salah satu koleksi baru MB produk SKL yang dimiliki oleh Om PANJI Jakarta, dari trah METEOR SKL 1684. Om Panji baru baru ini saja mentake overnya. Seperti pesan Om Panji pada kunjungannya yang terakhir kali yaitu jika kapan kapan SKL memiliki koleksi MB yang bagus atau unik ia minta dikasih kabar saja.

Tidak sengaja salah satu perawat burung saya pada suatu hari mengatakan bahwa MB trah Meteor yang dulu diungsikan itu sekarang sudah menjadi bagus, sudah gacor katanya. Terus terang saat itu saya sudah lupa entah MB yang mana yang dimaksud oleh perawat burung saya tadi.

Singkat cerita, perawat burung saya menuturkan MB tersebut yang tidak mau mabung mabung itu. Setelah diceritakan yang tidak mau mabung mabung barulah saya teringat.

“Mana burungnya, coba bawa ke sini,” kata saya.

Setelah burung itu ditunjukan saya lumayan kaget dibuatnya karena perubahannya sangat signifikan.

“Bagaimana dengan volume dan isiannya?” tanya saya.

“Volumenya kenceng Pak. Isiannya juga sudah banyak, terutama burung burung kecil alami seperti Gereja Tarung, Prenjak dan masih banyak lagi,” jawabnya.

Akhirnya saya putuskan burung ini dibawa ke rumah untuk saya pantau lebih jauh. Terus terang saya tertarik akan posturnya dan terutama perubahan yang sangat signifikan dari burung tersebut menurut versi perawat burung saya. Sejujurnya saya sekalian mau ngetest penuturan perawat burung saya apakah dia bicara apa adanya atau sengaja ditambah tambahkannya.

Tidak lama setelah beberapa hari bermalam di rumah saya akhirnya dia mulai bersuara, lama kelamaan suaranya bertambah kencang juga. Eh…bagus juga ini burung, pikir saya.

Pada suatu hari saya turun dari lantai 2 dengan tidak sengaja memergoki dia sedang bersuara bareng dengan suara Lovebird burung masteran saya. Lah kok tiba tiba saja dia bisa langsung menirukannya dengan waktu bersamaan nembak persis seperti suara Lovebird di samping kirinya. Tiba tiba burung Cililin saya juga nembak, tahu tahu dia juga nembak balik suara Cililin tersebut dengan suara irama lagu yang sama persis seperti Cililin di samping kananya.

Saya sampai tertegun dibuatnya. Bergegas saya berangkat ke penangkaran dan langsung bertanya kepada perawat burung saya yang dulu pernah merawatnya apakah selama ini burung tersebut dimaster dengan Lovebird dan Cililin? Jawabannya yang polos membuat saya lebih tertegun lagi.

“Tidak pernah dimaster Pak, saya hanya kasih makan dan minum saja,” jawabnya polos.

Saya sempat bingung dibuatnya dan menduga duga apakah burung ini memang memiliki sifat latah yang memang sangat jarang ditemui. Semakin penasaran saja saya dibuatnya.

Di rumah saya yang di lantai satu itu hanya ada satu Cililin saja, tapi perasaan Cililinku kok bisa sering bersuara dan semacam sahut sahutan gitu. Akhirnya saya putuskan untuk nongkrong di depannya. Eh Cililinnya tidak mau bunyi juga. Sengaja saya godain Cililinnya, ya namanya burung Cililin kalau digodain pasti akan bersuara tapi Meteor 1684 nya tidak mau mengikuti suara Cililin tersebut. Hhhmmm…pikir saya. Akhirnya saya tinggalkan begitu saja.

Pada suatu hari lagi dengan tidak sengaja saya masuk ke dalam rumah saat burung masterannya lagi pada bunyi ramai, ternyata Meteor 1684 ini selalu bisa menirukan suara burung masteran yang dia sukai saat itu dengan spontan. Jadi, kalau ada LB nembak dia ikutan, begitu juga kalau suara burung Cililin bersuara dia langsung bisa menirukannya juga secara spontan tetapi kalau burung LB dan Cililinnya bersuara bareng bareng dia diam. Kemungkinan dia bingung harus menirukan suara yang mana. He…he.

Lega lah hati saya ini dan tentunya sangat senang akhirnya bisa memiliki seekor MB yang latah yang memang sangat susah untuk mendapatkannya.

Saya teringat pesan Om Panji, saya kontak dia dan menceritakan apa adanya tentang burung ini dan Om Panji langsung meresponnya.

“Bungkus saja Pak,” katanya singkat.

Ada pesan tambahan darinya yaitu burung ini minta dimabungkan sekali lagi di tempat saya sembari dimaster intensiv agar semakin faseh saja isiannya. Sekarang burung ini baru saja menyelesaikan mabung yang terakhirnya. Saya juga sudah kasih kabar ke Om Panji bahwa Meteor 1684 ini sudah selesai mabung tapi Om Panji tidak memberitahu pasti kapan burung ini akan dijemputnya.

Mudah mudahan burung ini ke depannya semakin mantap saja. Aamiiin…

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *