Demi mensupport penangkaran Murai Batu di seluruh Nusantara SKL BF sampai ikhlas melepaskan beberapa indukan betina unggulan terdahulunya. Beberapa penangkar MB ingin turut melestarikan burung MB dari daerah daerah tertentu, misalnya Bohorok, Marike, Tangse, Keudebieng dan masih banyak lagi dari daerah eksklusiv habitat burung MB.

Kali ini Om WILSON Palembang menginginkan seekor MB betina dari daerah Bohorok, Kabupaten Langkat – Sumatra Utara. Kebetulan saya sudah merasa cukup memetik keturunannya dari indukan betina MB ini.

Dulu, awalnya saya membeli burung ini dengan harga seekor anakan jantan karena sipemiliknya merasa yakin bahwa burung ini berjenis kelamin jantan. Kalau dilihat dari bentuk kepalanya saat itu saya akui MB ini kemungkinan akan menjadi jantan, juga dari suara cetrekannya yang mirip seekor jantan, kencang menekan.

Kebetulan saat itu saya ditawarkan 2 ekor yang katanya dua duanya pasti anakan jantan. Saat itu memang mirip sekali bentuknya. Maklum, konon ini didapat dari satu sarang. Dikarenakan sudah terlanjur suka akhirnya saya ambil dua duanya. Yah berspekulasi saja, karena dari segi usia kedua anakan burung tersebut paling baru berusia 1 bulanan lebih saja. Selain itu kami bertemunya di Medan, kasihan dia kalau sampai pulang ke kampungnya lagi sembari membawa satu ekor yang tidak saya ambil.

Setelah dirawat sampai mencapai usia 2 bulanan lebih yang satu ekor ini semakin menunjukan cenderung menjadi betina. Tapi tak apalah, yang penting bagi saya burung ini mempunyai kualitas di atas rata rata. Kalau harganya kemahalan, karena disamakan dengan anakan jantan, nanti juga akan kembali modal jika sudah membuahkan keturunan kelak, pikir saya.

Dan ternyata setelah menjadi dewasa burung ini sangat mudah dijodohkan dan doyan kawin. He…he. Kalau sudah rejeki kita maka tidak akan kemana mana. Alhamdulillah…

Burung ini saya estafetkan kepada Om Wilson yang akan membuka penangkaran MB di kota Palembang. Mudah mudahan kelak betina ini bisa membuahkan banyak keturunan di tempatnya yang baru. Aamiiin…

 

 

  

  

  

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *