Baru beberapa hari ini saya mendapat panggilan selular dari seseorang yang mengenalkan dirinya dengan nama ANGGA dari Jakarta. Om Angga mengemukakan hasratnya bahwa ia berniat menangkarkan burung Murai Batu.

“Sudah dari semenjak lama saya berhasrat menangkarkan Murai Batu (MB) Pak, tapi baru sekarang rupanya niat saya akan segera terlaksana. Untuk itu saya mohon beberapa petunjuk dari SKL kiat apa yang harus saya lakukan agar bisa sukses sebagai penangkar MB?” ungkap Om Angga saat itu.

“Kita harus optimis saja. Kalau orang lain bisa berhasil sukses menangkarkan MB berarti segala sesuatunya masih bisa dipelajari. Terpenting kita harus sabar saja. Mereka yang sudah sukses menangkarkan MB bukan berarti dulunya tanpa perjuangan keras yang harus mereka lewati. Sampai sekarang sayapun masih barus berhadapan dengan masalah masalah baru yang muncul di dalam dunia penangkaran. Jadi bukan berarti saya sudah terlepas dari segala masalah penangkaran MB Om. He…he,” jelas saya.

“Oh gitu yah Pak,” seloroh Om Angga.

Saya yakin setiap penangkar pasti akan mengalami hal dan masalah yang sama, jadi jangan sampai kita berkecil hati. Berikhtiar itu wajib, adapun selanjutnya adalah Hak Prerogativ Allah SWT.

Yang tidak kalah penting adalah kita harus senang dulu menggeluti dunia penangkaran MB ini, jangan hanya ikut ikutan melihat kesuksesan tetangga kita saja. Kita pasti akan berhasil sukses jika kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai. Aamiiin…

Om Angga minta dipilihkan beberapa pasang indukan SKL dari kandang unggulan. Untuk itu satu pasang indukan pertama saya pilihkan jantannya dari trah AK-47 yang memiliki basic suara kencang dan mental fighter yang mumpuni.

AK-47 SKL 1566 ini memiliki postur yang menarik, sangat aerodynamis ibarat kendaraan bermotor sih. Model postur badan seperti ini biasanya memiliki durasi kerja yang bagus karena badannya seperti seorang athlet yang dikodratkan memiliki stamina di atas rata rata. Dan pada kenyataannya burung ini memang memiliki suara yang sangat kencang, dan kelak nanti pada usia mapannya burung ini layak untuk dibawa ke lapangan.

Setelah saya kirimkan videonya via WA Om Angga langsung menyetujui pilihan saya ini.

“Ok Pak, saya suka sama burung ini. Tolong nanti carikan betinanya saja yang cocok untuk jantan ini,” ujar Om Angga.

To be continue…

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

3 Comments

  1. boleh dong pa haji trah ak 47

  2. No contact yg ada watshpnya yg mana pak haji?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *