Meyambung cerita kemarin, Om Angga tampaknya menyerahkan sepenuhnya kepada kami dalam menyeleksi burung burung yang akan ditake overnya. Saya diminta mengirimkan video beberapa alternativ burung yang akan dipilihnya. Setelah itu kami bertukar pikiran burung mana yang akan diambilnya.

Pada kesempatan ini saya bertutur kepada Om Angga bahwa dalam menangkarkan burung MB tidak harus sepasangnya dari hasil tangkaran semuanya. Yang sekarang dijalankan di tempat kami adalah menyilangkan MB hutan dengan MB hasil penangkaran. Mengapa begitu?

Saya berpikir agar bisa lebih cepat berproduksi saja, karena MB hutan jelas lebih berpengalaman dalam membina keluarga, karena di habitatnya sana pasti sekali atau dua kali pernah mempunyai keturunan, tapi dengan syarat MB hutan tersebut sudah cukup usianya.

Ada yang bertanya, apakah nanti keturunannya akan menjadi bagus? Lah…wong semua indukan penangkar MB itu asal muasalnya dari hutan semua. He…he. Terpenting, kelak kita harus bisa menyortirnya lagi. Begitu juga berlaku untuk anakan anakan MB dari hasil perkawinan silangan indukan MB hasil tangkaran. Dijamin tidak semua anakan MB yang dihasilkan dari hasil tangkaran kelak akan menjadi juara semua. Ini FAKTA yang ada.

Jangan kita beranggapan kalau tetangga kita yang memiliki MB hasil tangkaran dari trah A kemudian anakan jantan lainnya yang sekandung dengan trah A itu kelak akan, atau bahkan pasti akan menjadi juara semua. Ini persepsi yang salah besar.

Kita yang manusia yang sekandung saja dijamin pasti dalam hal rejeki, karier dan tingkat kecerdasannya akan berbeda beda pula. Ini sebuah FAKTA yang harus kita terima dengan lapang dada.

Ada yang bertanya lagi mengapa bisa demikian ya Pak? Saya hanya bisa menjawab, silahkan bertanya kepada rumput yang bergoyang. He…he. Itu sudah menjadi Hak Prerogativ Sang Pencipta.

Sebagai pasangan jantan trah AK-47 (F2) SKL 1566 akhirnya pilihan kita jatuh pada seekor MB betina asal Bohorok yang sudah pernah berproduksi di tempat kami. Kalau jantan trah AK-47 SKL 1566 nya sih masih perjaka tulen.

Mudah mudahan Om Angga diberikan kemudahan dalam menjalankan usaha penangkaran MB nya. Aamiiin…

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *