Tampilan burungnya saat masih trotolan tidak seperti anakan burung MB lainnya yang sangar atau menyeramkan, tapi dari segi mentalnya jangan tanya lagi. Setiap kita buka kerodongnya burung ini akan selalu menampilkan performa terbaiknya yaitu ngeply ngeply seperti berhadapan dengan musuh bebuyutannya.

Trah SAMBER NYAWA (F2) SKL 1622 ini sebetulnya ingin kami pelihara sendiri sampai menjadi dewasa. Sayapun penasaran seperti apa kelak jadinya. Meskipun bodynya sedang saja, tapi volumenya bukan main. Jika mendengar suara burung lainnya bersuara, maka burung ini tidak mau tinggal diam, langsung meresponnya spontan.

Seperti motto yang selalu dicanangkan SKL yaitu tidak boleh menyimpan burung sebagus apapun burung tersebut maka ketika utusan dari Om AMEN Bangka datang berkunjung ke SKL menanyakan anakan burung apa yang layak untuk dibawa pulang, akhirnya saya menyodorkan SKL 1622 ini.

Begitu mereka melihat performa burung ini dari mulai dibuka kerodongnya sampai ditutup lagi kerodongnya, SKL 1622 selalu menunjukan performanya yang terbaik. Tanpa banyak basa basi lagi utusannya menanyakan berapa maharnya, saya sebutkan maharnya. Dia menawar sedikit, karena mengambilnya bukan hanya satu ekor saja. Saya mengalah sedikit dan akhirnya deal diantara kita.

Begitu digantang lagi dan kami mengeluarkan burung MB Hutan yang sudah mapan sekali usianya, eh…mereka langsung adu suara sahut sahutan. Meskipun SKL 1622 tampak berani meladeninya tetap saja saya putuskan agar SKL 1622 untuk dimasukin dulu ke salah satu ruangan sekolahan kami.

Bukan apa apa, jika terlalu lama disandingkan dengan MB mapan usianya saya khawatir pertumbuhan mental 1622 akan terganggu karena saat itu usia SKL 1622 baru saja menyelesaikan dari mabung trotolannya. Kita selalu hati hati dalam merawat MB usia muda, salah salah maka perkembangan mentalnya sedikit banyak akan terganggu.

Kasus kasus seperti ini kadang sering diabaikan oleh Muraimania, padahal justru pertumbuhan mental pada saat saat awal menjadi dewasa seekor burung MB sangat lah penting sekali.

Mudah mudahan kelak Samber Nyawa (F2) SKL 1622 bisa membuat bangga hati pemiliknya. Aamiiin…

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *