Belajar dari pengalaman merawat, melatih dan melombakan burung murai batu di berbagai arena kontes burung berkicau, Shakila Putra Bird Farm (SKL BF) ingin mewujudkan visi dan misi sebagai pusat penangkaran burung berkualitas dan obyek agrowisata burung unggulan.

Ya, pada awalnya saya membuka penangkaran murai batu ini sebetulnya karena unsur ketidaksengajaan. Kami mulai menggeluti dunia perburungan ini pada bulan Agustus 2008 dengan orientasi awal lomba. Saat itu kami hanya memiliki 2 ekor burung murai batu, maklum pemula, sehingga tidak terpikirkan dari awal bahwa orang memelihara murai batu harus memiliki burung-burung masteran juga.

Mulailah terlintas di benak kami bahwa memelihara murai batu ini sangat mengesankan karena harus membikin murai-murai itu menjadi pintar, identik dengan kita menyekolahkan anak-anak kita supaya pintar dan mempunyai wawasan yang luas.

Kami mulai membeli burung-burung masteran yang handal, yang kadang harganya lebih mahal dari harga si murai tersebut, ironis juga. Tidak terasa jumlah burung-burung masteran saya semakin banyak, bahkan mungkin sudah terlalu banyak sekali untuk ukuran standar.

Saya berpikir kenapa saya tidak menambah murid (dalam hal ini burung murai batu) kan guru-gurunya (burung-burung masteran) sudah banyak. Jadilah saya mulai membeli burung-burung murai lagi bahkan kadang langsung ke lapangan atau melalui info dari rekan-rekan kicaumania.

Tidak terasa jumlahnya saat itu sudah mencapai 18 ekor murai batu. Saat itu saya tidak tahu bahwa memelihara burung murai dalam satu rumah idealnya hanya 2 atau bahkan 1 ekor saja. Ini awal frustrasi saya karena kinerja murai-murai saya di lapangan tidak maksimal bahkan boleh dibilang banyak membisunya.

Rekan-rekan sesama hobis murai mulai menyarankan untuk melego sebagian murai-murai saya supaya perawatannya bisa lebih optimal tetapi saya bertanya-tanya kepada diri saya, kepada siapa dan kemana saya harus menjual murai-murai ini karena di samping harga belinya yang sudah cukup tinggi dan murai-murai saya saat itu banyak yang ngedrop karena selalu saling tembak di rumah, bahkan dalam satu kamar terdapat sampai 4 ekor yang jaraknya pun saling berdekatan.

Akhirnya saya teringat gedung GOR saya yang selama ini terlantar begitu saja dan mendadak mendapatkan ide kenapa tidak saya gunakan saja untuk menempatkan burung-burung saya yang sudah terlalu banyak ini?

Ide selanjutnya, mengapa tidak saya kawinkan saja burung-burung ini sambil menunggu usia mapannya untuk lomba? Dan akhirnya…. burung-burung ini saya jodohkan.

Tanpa skill penangkaran yang memadai, burung-burung murai batu tersebut malah mulai kawin, bertelur dan menetas. Setelah menetas, rejeki datang lagi melalui teman-teman dekat saya yang suka memborong anakan-anakan murai hasil tangkaran saya karena mereka tahu murai-murai Indukan yang saya beli tidak murah harganya dan memang berkualitas.

Dari sinilah muncul jiwa bisnis saya. Kok ada ya hobi yang menguntungkan karena biasanya apapun yang berkaitan dengan hobi selalu tombok/morotin duit. Tapi menangkar murai kok malah bisa mendatangkan uang atau minimalnya impas, mending impas daripada nombok. He…he. Akhirnya saya kembangkan SKL BF semampu saya yang alhamdulillah kebablasan seperti kebiasaan-kebiasaan saya yang lainnya.

Pesan saya ayolah ramai-ramai kita menangkar semua jenis satwa yang kita gemari apapun jenisnya karena kalau didasari rasa senang ditambah dengan tekad yang bulat cita-cita kita pasti akan tercapai. Amin….

PROGRAM DAN STRATEGI

SARANA PRASARANA

 

Kontak kami: Toko Mas Shakila Putra, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

102 Comments

  1. siiiip om….

  2. ada alamat dan nmr tlp nya gak pak????

    ini nmr tlp saya GSM 0821 1111 2219, 087878 92 5511
    Esia,021-95 234 088, 37000 295

  3. ada alamat dan tlp nya gak boss

  4. @Rosman, silahkan simak di kolom Kontak kami.

    • ass….pa haji ! gmn kabarnya?….smoga pa haji dan kel sehat semua…amien! sekarang “GG SKL 250 anakan petir” dah beres mounting dan mulai nakal kalau ada suara burung laen langsung menhentak dengan suara kenarinya……

      • @Bayu Tasik, kabar baik baik saja Mas Bayu. Yah syukurlah kalau begitu, saran sy jgn buru buru ditrek krn usia burung msh sangat terlalu muda. Lbh baik dimaster terus saja.

  5. Ass.Wr.Wb. Salam kenal pak haji. Saya Hendri penghobi burung Muraibatu dari pinggiran Bandung. Beberapa waktu yang lalu saya ada membeli 2 ekor anakan SKL dari om Ben di Tangerang. Setelah molting ternyata ke 2 muraibatu tersebut berjenis kelamin betina adanya. Saya lalu menghubungi om Ben dan menceritakan hal tersebut. Saya diberikan beberapa opsi oleh SKL. Pertama, pengembalian uang secara utuh ditambah ongkos rawat sebagai kompensasi. Kedua, menunggu penggantian burung baru yang diperkirakan memakan waktu sekitar 1 bulan. Ketiga, barter dengan burung dewasa dengan syarat dan ketentuan yang disepakati oleh saya dan SKL. Opsi pertama tentu saja tidak sesuai dengan keinginan saya karena tujuan saya adalah menikmati suara burung dan perawatan sehari2nya. Opsi kedua kurang pas karena setelah sekian lama saya harus memulai lagi dari trotol dan ini perlu waktu lagi. Akhirnya saya memilih opsi ketiga dimana saya diberikan beberapa “keuntungan” oleh SKL. Terus terang saja, saya sangat puas dengan service yang diberikan oleh SKL. Buat calon pembeli yang ingin melakukan transaksi dengan SKL, sebaiknya tidak perlu ragu-ragu. SKL sangat recommended. Salam buat pak haji dan semoga SKL makin jaya.

  6. @Hendri, salam kenal juga Om Hendri. Alhamdulillah…akhirnya tercapai solusi yang terbaik.

  7. Ajiiiiib……… Semoga tambah terus indukan” yg super,

  8. Really informative and wonderful bodily structure of content material material , now that’s user friendly (:. 418531

    • @Homepage, thank you…
      hopefully, we could make a good friends forever.

  9. ass,pa haji liat anakan muray p haji sya jadi pengen semua ni,kira 2ada yg umuran setahun lebih ga pa haji,mksh

    • @Akim, Wallikum…terus terang kami sendiri sampai saat ini tidak sempat memegang seekorpun murai juga tetapi mudah-mudahan mulai sekarang kami juga akan membesarkan beberapa ekor karena tidak sedikit yang menanyakan murai setengah jadi. Makasih untuk masukannya.

      • ya nih pa haji,pengen ada yg setengah jadi dri skl,jadi klo mau untuk lomba ga terlalu lama ,sya percaya burung 2skl berkualitas,ok d tnggu p haji .maju terus skl

  10. Asslmkm…
    mau tanya,,sya tinggal dwilayah Indramayu tapi baru tau kalau ada SKL. Sya bukan pecinta burung hanya ingin tau lokasi SKL tepatnya disebelah mana.? Pengen liat2 ajaa + pengen tambah pengetahuan…
    trims :)

    • @Ratna Fitriani, gampang menemukannya kok, dibelakang Kantor Polsek Jatibarang saja.

  11. Heeemmmmm,,
    saya carinya hanya disekitar pasar Jatibarang.,saya tanya2 warga sekitar nggk banyak yg tau ttg sklbf….
    insyallah nanti kapan2 sya main,,sekedar pengen liat2 ajaa…
    terimkasih infonya.

    • @Ratna Fitriani, kalau disekitar pasar sih paling gampang ya nyari ikan bandeng Mba Ratna. He…he. Coba nyarinya Toko Mas Shakila Putra atau kenapa tidak kontak langsung kehp saya, sebenarnya sayang Mba Ratna sudah jauh jauh seharusnya sekalian lewat bisa mampir. Ok, silahkan lain waktu kontak saya langsung kehp.

  12. Iya pak,,saya kmrin pas lewat aja…

  13. salam kenal om saya hobi murai batu mau tanya harga anakan jantan dan betina dilepas harga berapa biasa dilepas diumur berapa

    • @Andreas, salam kenal juga, silahkan kontak langsung saja ke081220072191.

  14. ass pa haji….smoga kabarnya baik ! mau tanya apa arti dr warna ring itu..merah…biru…orange…trima kasih pa haji wslm !

    • @Bayu-Tasik, tidak ada artinya apa-apa Mas Bayu,cuman diacak saja. Jadi saat itu milih suka-suka saja.

  15. ass pa haji ……. saya pemula yang ngebet boanget ingin punya momongan MB saking ngebetnya kemarin spekulasi ke PB pramuka …berburu d sana kaget bukan kepalang ternyata ada MB yg harganya miring dah dewasa..dan karena nafsu ingin segera memiliki dan menikmati suara merdunya ak angkat dengan hati senang..saran tetangga di full kerodong dulu tapi ternyata hati ini sampai saat ini masih galau karena setelah 5 hari d rumah MB itu telah berpulang alias ga da nyawa….saya ada d wilayah bekasi ,dan yang mau aku tanyakan bagaimana transaksinya pa haji..apa ada cabang d daerah bekasi…maaf nich panjang dan lebar kaya pantura …terimakasih.wasalam…?

  16. Assalamu alaikum…………..Jenis MB apa aja yg ada pak? MB borneo ada gak? klo ada tolong diemail harga sepasangnya pak, trims

    • @Syamsul, Alaikumslm…saat ini kami hanya bermain MB Sumatera saja.

  17. Pak haji, saya pux burung muray saya beli sama orang baru dpt dr hutan
    Gmn carax supaya tidak tkt sama orang dan cepet bunyi.
    Saya sangat hobi burung tp blm tw carax pak haji

    • @Faisol Rahman, digantang bertahap ditempat keramaian dengan kerodong yang tembus pandang. Jika siburung masih kedubrukan dikerodong lagi, keesokan harinya dibuka lagi dengan selalu melihat sikon burung. Intinya HARUS tega melihat burung kedubrukan tetapi terkontrol. InsyaAllah 2-3 bulan burung sudah duduk.

  18. Wktu inden brpa lama pa haji

    • Harga brpa untuk jantan

  19. salam kenal om

  20. Om…mau indent murai trotolnya yang jantan dan di kirim ke Jakarta..bisa ngga om…Makasih

    • @Eko, bisa, silahkan telp langsung saja ke081220072191.

  21. Aslkm p.haji sy adit sy mau tnya ciri perbdaan murai dewasa cewean sm jantan dr mn y……

    • @Adityo, sudah banyak orang yang menulis artikel tentang ini.

  22. asslm pa’ haji, kalau beli indukan siap tangkar terus minta kirim ke sulawesi bisa ga?

    • @Aldo, bisa.

      • ancar2 biayanya kira2 berapa yah pak haji???
        biar saya bisa siap2in dulu,,,,,,,, hehehe

  23. Klo mau lihat daftar harga anak di mana pak haji

    • @Kepuhasri81, silahkan telpon langsung saja Om. Mksh…

  24. assalammualaikum pak haji ada murai siap tangkar gak

  25. murai siap tangkar itu berasal dari manaya. dan kuwalitasnya? maaf pak banyak nanya

  26. Assalamualaikum
    Salam kicau mania
    Pa haji untuk pengiriman murai ke block banten kira2 pake jalur apa dan resikonya gmn ?
    Ngebet ring SKL

    • Om kangen VALENCIA SKL 818

      • @Rizal, walah…baru berapa hari masak iya sudah kangen lagi???

  27. Om kangen SKL 818

  28. Terima kasih Pak Haji atas konfirmasinya….!

    • @Nickson Tarigan, sama-sama P Tarigan.

    • Pak Haji, besok kita jalan ke Ajibarang, mudah2an bapak ada waktu untuk kita.

      • @Nickson Tarigan, maaf bukan Ajibarang melainkan JATIBARANG – KAb. Indramayu.

        • Terima kasih Pak Haji atas waktu dan informasi yang bapak berikan pada kunjungan kami kemarin, kami salut melihat atas sistem pengelolaan penangkaran yang bapak lakukan.

          • @Nickson Tarigan, sama2…terima kasih juga atas kunjungannya P Tarigan…

  29. Bener om kangen

  30. asalamualikum pak haji gima burung dari Om Herman Teba topya?

  31. salam kenal pak haji, saya penggemar murai dari gresik jatim,semoga selalu sehat, saya liat galleri bapak burung bagus semua,

  32. Ass.wrwb. mohon spek para indukan, bisa liat infony dmn, tks sblumny p haji.

  33. Ups..ADAA! sori.. br liat p haji.. :D

  34. Ass…..
    Pak haji. Sy mau tanya pembelian MB skl. Sya dr lampung.
    sdah srng ganti2 jagoan. Tp gk ad yg srek. Pak haji on time ni lau sy hubungi.

  35. selamat pagi pak…

    dengar2 SKL BF mau tutup operasi akhir Desember 2014 ya? boleh tahu alasannya?
    kalau misalnya saya mau ngambil anakan saat ini adakah yang ready stock?apa bisa dikirim ke Kalimantan Barat? kalau MB Black Tail/ekor hitam ada gak pak?

    terima kasih atas perhatian dan jawabannya

    • @Mamad, yang ditutup hanya Sekolahan Burungnya saja, bukan penangkarannya. Baca artikelnya dg seksama!

  36. maaf pak…gagal paham, belum baca artikelnya secara lengkap soalnya

  37. Bru mau nabung buat ambl trotolan trz disekolahin sbentar dah mau ttup aj pa haji …

  38. pak…saya dari bali,kepengen beli bakalan mb medan sepasang…gimna caranya..mohon infonya pak…makasi sbelumnya…

  39. pak haji….sy dr cilacap,pengin pya produk skl.apa ada agennya di deket sini ? mksih

    • @Samba, gak ada Mas Samba. Kita gak pake agen.

      • Ass.pak haji mmg benar sekolahan burung yg di tmpt bpk rencana di tutup desember ini…?
        Sayang sekali y…..!!! Rencana ingin nitip dl burung di pak haji nantinya……
        Sblmnya minta maaf pak haji byk tanya…& sukses slalu buat SKL BF.

        • @Sugiarto, bukan pada Desember ini melainkan Desember 2014.

  40. salam kenal om, sya erwin (cucu almarhum H.Zaenudin nur,toko mas air laut jatibarang) sya di binjai sumut, sya jg pecinta mb…

    • @Erwin Nurdianzah, wow ternyata ada orang Jatibarang di Sumut sana. Salam kenal juga…

  41. iya ne om haji, lg kerja sambil progam studi pengembang biakan mb…hehe
    nanti kalo sy mudik jtb saya mau akh ambil sepasang trotolan dari kandang skl bf

  42. Permisi om mau nanya, kalo beli anakan harus inden dulu ya? Bisa kirim ke kalimantan ga om? Tks

  43. Selamat Tahun Baru Pak Ji….tahun 2014 mudah rejeki, SKL banyak menerbitkan MB juara…

    • @Nickson Tarigan, Amin, sama-sama Pak Tarigan. Makasih…

  44. Assalamu`alaikum Pak Haji, salam kenal saya pecinta MB medan dari tasik, kalo pesen trotolan bisa ga ya pak haji?

  45. saya beli murai dari teman saya dengan ring tasyani..apa benar ring itu keluaran SKL bf..trima kasih..

  46. عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُl, salam kenal pak haji, saya ari dari pekalongan, saya pemula yang sangat suka dengan MB, kebetuaan temen udah ada yang pernah ambil produk dari bapak, saya jadi tertarik untuk tahu lebih dekat tentang produk2 SKLBF mohon bimbingannya pak, oh ya berhubung jauh, kira-kira kalo pembelian MB lewat paket (kereta/herona) bisa gak.? terimakasih

    • @Ari, Salam kenal juga…bisa Mas Ari. Silahkan telepon langsung saja ke 081220072191.

  47. Assalamu`alaikum Pak Haji, perkenalkan saya riza pecinta murai batu pemula dari yogyakarta, rencana mau mencari trotolan ,, untuk itu saya berencana mau mengambil momongan dari skl bf, kira” untuk sekarang apa ada stock trotolan yg siap di lepas? matur nuwun

    • @Riza Oloan, mesti inden.

      • terimakasih admin yg fast respon, untuk pemesanan indent bisa lewat telpon? kedua jika mau “sowan” ke SKL bf ini konfirmasi kedatangan ny ke nomer mana ya? dan hari apa aja skl bisa dikunjungi? terimaksih

        • @Riza Oloan, setiap hari, kecuali Lebaran. 081220072191.

  48. Salam kenal pak…
    Saya punya mb medan trotol usia kurang lebih 3 bulanan,yang ingin saya tanyakan,knp mb saya sering cabutin bulu sekitar paha dan dada,terkadang sayap dan pangkal ekor (di patukin seperti habis mandi) apakah mb trotol bisa OB?atau drop karena di sebelah rumah saya ada juga yang pelihara mb lumayan gacor,tapi tdk pernah saya pertemukan,tapi mb saya rajin ngriwik pagi siang sore.mohon bimbingannya pak.thanks

  49. Super Mantaff Gan.. salam kompak dan prrsahabatan dr Jember-JATIM

  50. Ass pa Haji, kula Mulyonoi seka pinggiran wetan Bandung. Tiap dina minggu kula ngajar mahasiswa UT nyang Indramayu (SMA PGRI II) ngarepe GOR. Kula arep takon, kula kepincut banget pingin belajar ternak MB Medan kaya pa haji, apike kepriben ya pa haji. Kebeneran bulan iki kula bade pensiun. Insya Allah minggu besok kula rep mampir nyang penangkarane pa haji, apike kula langsung ke jln Ahmad yani 37 apa ke alamat lainne.

    • @Komlplek Bumi…, silahkan mampir saja Om. Welcome…

      • Ass. WW. Terima kasih pa haji, saya hari minggu jam 15.15 sampai ke Jl. Ahm Yani 37, kebetulan pak haji lagi istirahat. Dan terima kasih atas pelayanan yang begitu berkesan dari anak-anak bpk di penangkaran. Salam untuk pa Ajo yang telah menerima saya dengan baik. Mohon doanya saja pak haji, semoga sy dpt meniru keberhasilan pak haji. Semoga sukses selalu utk SKL. Wass.WW

        • @Mulyono Hadi S, Amin…

          • Pak haji ut trotol di bawah kandang kopassus pa ada?ato yang kelasnya dbwh kandang unggulan.cz lagi nyukup2in dananya.trims

Leave a Reply