Program SKL BF adalah budidaya murai batu, jangkrik, semut rangrang , pusat “pelatihan burung”, pusat pelatihan penangkaran burung dan pengembangan agrowisata burung. Kesemuanya diwujudkan secara bertahap berkelanjutan.

a. Penangkaran Burung Murai Batu
Indukan murai batu
– Kandang produksi :

Pada awalnya kami hanya membikin 6 petak kandang ternak. Setelah selesai pembangunan 6 kandang ternak pertama ini ternyata masih ada kelebihan batu bata dan pasir. Daripada mubazhir, kami lanjutkan lagi pembangunan kandang ternak sampai mencapai 10 petak.

Sampai saat ini kami memiliki 50 kandang ternak yang sudah terisi penuh. Target kami, insya Allah, akan merealisasikan pembangunan kandang ternak murai batu sampai 100 petak.

Mohon dukungan dan support dari rekan-rekan kicau mania. Amin…

Ukuran kandang ternak kami bervariasi. Ukuran lebar dari 1,50 m; 1,35 dan 1,25 m. Tinggi dan panjangnya merata yaitu 2,75 m dan 2,00 m.

Untuk pencegahan serangan semut kami bikin selokan air disekelilingnya dan di depan setiap kandang kami siapkan kran air yang bisa kami buka sewaktu-waktu untuk menenangkan burung. Untuk pencegahan berkembang biaknya larva nyamuk kami pelihara ikan-ikan hias di selokan air tersebut.

Konstruksi dengan batu bata, material lain dan kayu kalimantan dan kawat ram 1×1 cm.

– Burung Indukan: Asal indukan murai batu kami semuanya dari Pulau Sumatera: Aceh, Medan, Jambi, Padang dan 1 ekor dari Lampung. Kami belum mengoleksi murai asal Kalimantan (murai borneo) tetapi bukan berarti murai borneo jelek… hanya kebetulan trend murai borneo belum merata di Pulau Jawa saat ini.

– Jenis Burung Masteran: Kami memiliki burung masteran yang relatif banyak, misal: Cililin 11 ekor, Lovebird 19 ekor, Cukcak Jenggot 12 ekor, Kapas Tembak 8 ekor, Jalak Suren 8 ekor, Jalak Batam 4 ekor, Pelatuk Sampit 6 ekor, Pelatuk Bawang 2 ekor, Kenari 8 ekor, Rio-rio 5 ekor, Rambatan 6 ekor, Gelatik Batu 8 ekor, Panca Warna 4 ekor, Parkit 10 ekor, Ranting Emas (Kinoi) 2 ekor, Cekakak 4 ekor, Gereja 4 ekor, Ciblek Ngebren 6 ekor, Murai Air 4 ekor.

– Metode perawatan: Hampir sama dengan hobis murai lainnya, cuma tidak semua murai kami umbar, jadi tergantung karakter masing-masing burung.

– Extra fooding: Untuk rawatan/stelan harian pagi, sore masing-masing 5 ekor jangkrik saja, kroto segar dan bersih 1 sendok makan. Untuk ulat hongkong… tidak kami berikan kepada murai-murai usia muda.

b. Peternakan Jangkrik

Kotak produksi : Saat ini kami memiliki 84 kotak jangkrik, ukuran bervariasi. Kapasitas produksi: sebagai extra fooding murai batu yang kami tangkarkan di mana terdapat kebutuhan dalam satu hari kami sekitar 6.650 s/d 7.000 ekor jangkrik.
Metode perawatan: seperti pada umumnya saja.

c. Peternakan Semut Rangrang penghasil kroto

Sudah sekitar 2 mingguan ini kami mencoba memproduksi kroto sendiri dengan menangkar semut rangrang di area perkebunan pohon mangga kami.

d. Sekolah Burung : Ini adalah program ambisius kami untuk mendidik burung-burung yang siap laga.

e. Pendidikan dan Pelatihan Penangkaran serta Agrowisata Burung:

Sebagai bagian sarana untuk berbagi pengalaman, kami membuka diri untuk membagi pengalaman kami sebagai penangkar. Oleh karena itu untuk mendukung gagasan tersebut kami membuka pendidikan dan pelatihan penangkaran untuk umum.
Pusat pendidikan ini sekaligus kami jadikan sebagai obyek agrowisata burung.

 

SARANA PRASARANA

TENTANG SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

39 Comments

  1. Ass WrWb.. Pak Haji program pendidikan & pelatihan penangkarannya sdh berjalan blm? kalo sdh sy tertarik utk ikut pak Haji.. sama biayanya brp? sama brp lama? trims..

  2. @Aris, blum Om Aris karena prosedurnya melibatkan banyak pihak terkait. Kalau memang berniat serius silahkan saja datang keFarm kami diJatibarang. Kami akan berbagi semua informasi yang kami ketahui, biaya GRATIS aja kok.

  3. baik sy akan atur dulu wktnya utk datang ke jatibarang.. klo sy sdh siap kontaknya ke no ini ya? +6281220072191 +6285224498591 ini tuh no pak Haji langsung atau tlp admin SKL?

  4. salam pak haji

    mantap banget pak haji tentang program sekolah burung kemungkinan anakan ARJUNA saya sekolah dulu,untuk berapa lama biar pak haji yang atur

    trims

  5. ass…pa haji saya tetangga dket ja nih dari jtb..boleh gak saya sedikit pengen tau tentang penangkaran pa haji, masalahnya saya agak susah nih pengen tahu penangkaranya

    • @Om Dedi, welooh gampang saja kok, di belakang Polsek Jtb aja. Masak iya beli weruh, wellcome unt siapapun jg.

  6. Ass wr wb, Pa Klo harga sepasang murai medan/aceh yg sudah usia di atas 1,5 thn berapa ya,terima kasih. jo jakarta

  7. Assalamualaikum pak haji…saya tertarik bnget pengen belajar menangkarkan burung murai…kalu boleh tau untuk indukan murai ada yang cocok buat kantong anak muda g..maklum pas2n. trus klu mau ke penangkaran SKL dri stasiun jatibarang jauh g..
    Terimakasih pak haji sebelumnya..(idris Bogor)

    • @Idris, dari stasiun KA Jatibarang gak jauh cuman 700 meter saja. Bisa ditempuh dg berjalan kaki sekitar 10 menit saja tetapi lebih baik telp kami saja langsung apabila Om Idris sdh berada di Jatibarang, selanjutnya akan kami jemput.

  8. seneng bngt dengernya siap pak haji saya nabung dulu klu dah kumpul insyaAllah nnti saya meluncur kesana dan mohon bimbingannya supaya saya bisa menangkarkan murai dirumah saya..terimakasih sebelumnya pak haji..

  9. om saya mau tanya apa burung saya dapat di sekolahkan di tempat om? saya ada di jawatimur tepatnya di probolinggo….

    • @Adhye, apakah MB tsb produk penanggkaran kami? Kalau bukan, kami tidak bisa menerimanya karena kalau terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan maka kami tidak bisa menggantinya, apalagi kalau MB tsb harganya suangat mahal sekali.

  10. Ass..
    Salam hangat juga salam kenal dari kami KicauMania Banyuwangi..
    kami tertarik utk menjalin komunikasi dan tali silaturahmi dengan SKL..
    sehubungan dengan rencana kami utk menggelar Event Lomba dan Pameran Burung Berkicau di Banyuwangi..
    mohon bilamana berkenan utk memberi kami kontak person yg bisa kami hubungi..
    salam Hormat,, #Heri Kisworo n BrendiTri

    • @BrendiByaen, silahkan kontak langsung ke 081220072191.

  11. saya suka burung…dan ingin belajar ternak dan berwirausaha
    saat ini saya punya 4 ekor burung
    kalo boleh tau lokasi tempat ternaknya dimana ya..
    kalo boleh berkunjung tuk belajar
    tmks

    mohon dengan sangat

    hormat saya
    firman

    • @Firman, wellcome…saya juga masih banyak belajar kok. Untuk alamatnya silahkan lihat dikontak kami atau telpon saja langsung ke 081220072191.

  12. boleh donk ikut belajar manangkar burungnya,pa haji
    dari imam di tegalgubug

  13. assalammualaikum, pg pak Haji, mf ni mengganggu.
    pak haji anakan murain hasil tangkaran pa haji dijual Ngak,
    kalau d jual berapa hrgnya,

    • @Yeri Apriadi, dijual, silahkan kontak langsung kami saja ke081220072191.

  14. Pa haji kalau naek kereta api dari Jkartta turun kemana dan naik bis umum turun di mana??mohon arahnya ke tempat bapa : Eswar

    • @Eswar, kalau naik KA bs turun langsung di stasiun KA Jatibarang langsung. Kalau naik bis turun di Widasari, jarak Widasari ke Jatibarang tidak sampai 2km atau telpon langsung saja ke081220072191 untuk pemanduan jalan.

  15. Assalamu’alakum wr. wbr. Pa Haji Alhamdulillah murai betina dari P Haji sampai saat ini sudah beranak 9 Ekor

    • @Muksin-Garut, Alhamdulillah…berarti semuanya sdh tertutupi.

  16. Assalamu’alakum wr. wb pak haji ,saya dari jambi mau belajar menangkar burung. Sama pak haji,kira-kira mau ga pak haji terima murit sprti saya,dan kapan saya bisa dtg ke t4 pak haji..

  17. Terima kasih pak haji..

  18. ass pa haji salam kenal sy andri dari garut, klo mau beli anakan atau indukan bisa di kirim atau harus kesana pa haji?

    • @Andri Garut, kalau pengiriman ke Garut terus terang sy belum tahu tapi kayaknya Herona ada jalur ke Banjar. Alangkah lebih baiknya jika Mas Andri sekalian berkunjung ke penangkaran kami.

      • Ya pa haji sy mau banget ksna, cuman belum bisa nentuin kapan, mdh2an secepatnya, klo bawa kendaraan sendiri bagusnya lewat mana p haji soalnya sy belum pernah ke indramayu

        • @Andri Garut, waduh saya juga belum pernah ke Garut, jd gak tau arahnya juga Om. He…he. Lihat peta saja tapi kayaknya lewat Kuningan, Cirebon terus Jatibarang.

  19. Assalamu’alaikun pak haji.. saya Muchson Hadi dari samarinda Kalimantan Timur.. Alhamdulillah sy telah baca Semua Artikel dari SKL-BF syukur sekali burungh yang mulai langka ini berhasil ditangkarkan oleh SKL.. dan benar sekali dialam liar seperti kalimantan timur yang dulu mudah sekali mendengar kicau burung khususnya murai batu borneo skrang sdh sulit kita jumpai kicaunya,, terus terang sy sangat tertarik dg program SKL ini dan Insya Alloh sy berkeinginan berkunjung ke SKL utk belajar banyak ttg penangkaran ini.. utk ke depan obsesi sy membuat penangkaran di Samarinda Kal-Tim ini selain konsumsi bisnis juga bisa melestarikan kicauan yg mulai langka saat ini..

    • @Muchson Hadi Moerdoko, Amin…silahkan, welcome…kapan saja, setiap saat.

  20. pak…mow tanya nich..untuk trotolan murai ekor panjang ampe berapa ya…bisa kirim* gak ??matur thank U

  21. Permisi pak haji….

    Ijinkan saya untuk berbagi tentang extra fooding alternatif untuk burung murai peliharaan anda semua. Tanpa repot memelihara serangga hidup, lebih praktis, lebih higienis, sudah teruji kandungan nutrisinya. Silahkan klik link di bawah ini untuk mengetahuinya

    http://wp.me/p534Zh-eY
    http://wp.me/p534Zh-63

    Situs kami menggunakan teknologi MobileSite. Di akses dengan ringan dan nyaman lewat perangkat mobile anda tanpa khawatir menghabiskan kuota data anda.

  22. Ass wr wb.. SKL BF Kira2 msh open house gk pak haji utk informasi penangkaran burungnya..? Saya tertarik utk belajar menangkar. Mohon infonya ya pak haji.. Trmksh hadi

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>